Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Kuliner Tradisional Pasar Sore Karangrandu Jepara

Kuliner Tradisional Pasar Sore Karangrandu Jepara
                 

Warta Journalism, Jepara- Kabupaten Jepara dikenal sebagai kota ukir yakni kota penghasil kerajinan mebel ukir. Selain itu, kabupaten di ujung pantai pulau Jawa ini sarat akan keindahan alam berupa pantai-pantai dengan pasir putih yang menawan. Wisata alam yang disuguhkan mampu membuat siapa pun terpana saat mengunjungi kabupaten Jepara.

Siapa sangka kabupaten ini juga kaya akan kuliner tradisional yang enak dan unik. Karena begitu banyaknya, berburu kuliner satu hari pun tidak akan cukup. Namun jangan khawatir, kabupaten Jepara memiliki tempat yang dikenal sebagai pusat jajanan tradisional tepatnya di pasar sore Karangrandu. Pasar Sore Karangrandu atau PSK, sebutan masyarakat sekitar terletak di jalan raya Pecangaan - Karangrandu KM 2, Kecamatan Pecangaan, Selasa,(28/06/19).

                   

Pasar Sore Karangrandu menjajakan aneka makanan atau jajan dan minuman tradisional yang buka sejak pukul 02.00 siang sampai pukul 06.00 sore.

Di pasar ini kita dapat menemukan dengan mudah makanan atau jajan tradisional seperti Gethuk Lindri, Gethuk Kicak, Cetot, Hoyog-hoyog, Klepon Ketan, Bubur delima, Endok Gluduk, Nogo Sari, Horog-horog, Janganan, Cemedeng, Pecel Rumput Laut dan lain sebagainya.

Aneka minuman juga dapat kita jumpai seperti Es cendol, Es Gempol Pleret, Wedang Roti, Wedang Ronde, Wedang Blung, Es Kacang Hijau, Es Ketan Ireng, dan lain sebagainya. Karena komplitnya jajan dan minuman tradisional khas Jepara inilah yang menjadikan pasar sore Karangrandu sebagai salah satu tujuan masyarakat menghabiskan waktu sore untuk datang berburu jajan tradisional.

“Enak mbak, di sini saya bisa beli berbagai jajan dengan harga yang murah tapi rasa yang enak. Sekaligus melestarikan dan mencintai makanan tradisional khas Jepara” ujar pengunjung pasar, Fadil (20).

Setiap sore tempat parkir pasar sore Karangrandu selalu dipenuhi kendaraan roda dua maupun roda empat milik pengunjung yang datang untuk mencicipi  jajan tradisional khas Jepara. Selain itu, pasar sore Karangrandu juga menjadi destinasi untuk ngabuburit sekaligus memburu takjil saat Ramadhan tiba. Keramaian pasar dijamin melebihi hari biasanya.

Para pengunjung duduk berjajar menempati bangku yang disediakan di setiap lapak pedagang, bangku ini dimungkinkan bagi pengunjung yang ingin makan di tempat.

Tidak jarang juga dalam satu lapak pedagang menjual berbagai macam jenis jajan tradisional sehingga pengunjung cukup duduk di bangku salah  satu lapak tanpa harus berkeliling untuk mencari satu demi satu jajan khas Jepara.

“Jualanya udah lama mbak, dari dulu. Dulu yang jualan gethuk kaya gini belum banyak sekarang udah banyak. Ya,  sekarang masih ada yang jualan sembako tapi  lebih banyak jajannya” ujar pedagang gedhuk, Susiati (43).

Salah satu juru parkir menuturkan jika awalnya pasar ini bukanlah pasar pusat jajan tradisional, pasar ini sama seperti pasar pada umumnya yang menjual sembako namun beberapa tahun yang lalu saat bulan ramadhan tiba pedagang pasar ini menjual berbagai makanan, jajan dan minuman tradisional untuk menu pendamping buka puasa hingga akhirnya berlanjut sampai sekarang. 

Dengan harga yang murah, enak dan komplit ini pasar sore Karangrandu menjadi incaran masyarakat sekitar maupun luar Jepara untuk menjajal berbagai macam jajan tradisional khas Jepara. (Erna Safitri) 

No comments:

Post a Comment