Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Kurniawan; Upgrading Wajib Ada untuk Meng-Up SDM Organisasi

Kurniawan; Upgrading Wajib Ada untuk Meng-Up SDM Organisasi
                   
   
Warta Journalizm, Kudus- Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Begitulah ungkapan yang tepat bagi suatu perkumpulan organisasi yang menginginkan rencana kerja dapat terwujud jika dilakukan bersama-sama dalam suka dan duka.

Hal ini berkaitan dengan diadakannya kembali Upgrading Pengurus HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) KPI (Komunikasi dan Penyiaran Islam) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Kudus di Villa PPRK (Persatuan Pabrik Rokok Kudus) Colo Kudus, Jum'at (10/05/19). 

Upgrading ini memiliki tujuan untuk mengukuhkan kepengurusan HMPS agar lebih terstruktur. Para anggota di upgrade (diperbarui) dari pengurus lama berubah ke pengurus baru. Mengingat telah dilaksanakannya pergantian kepengurusan pada Maret 2019 silam dalam Musyawarah Komunikasi (Muskom) II KPI di Gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) kampus barat, IAIN Kudus. 

Acara upgrading kali ini, terlihat sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya, bertepatan dengan bulan suci ramadhan. Sehingga, ada acara penambahan, yaitu Buka Puasa Bersama, Sholat Jamaah Tarawih dan Sahur Bersama. Meski demikian, tidak menyurutkan niat para peserta yang hadir untuk mengikuti dengan tertib sampai akhir.

Upgrading ini tidak hanya memperbarui anggota kepengurusan, akan tetapi juga memberikan sesi waktu bagi para divisi HMPS KPI untuk memaparkan rencana-rencana program kerja mereka masing-masing yang akan datang.

Terlihat para demisioner yang pernah menjabat sebagai pengurus HMPS KPI dari tahun sebelumnya turut hadir dalam acara tersebut. Mereka melakukan sesi perkenalan, serta membagikan pengalaman dan pelajaran berorganisasi dalam HMPS KPI. 

M. Kurniawan, Mantan Ketua HMPS KPI 2018, memberikan penjelasan dalam acara tersebut. Ia menghimbau agar kegiatan upgrading wajib selalu ada , "upgrading dalam sebuah organisasi itu wajib ada, supaya bisa memfasilitasi para anggota agar lebih up lagi SDM (sumber daya manusia) yang dimiliki dan tidak staknan.

Selain itu, juga berbagi llmu-ilmu baru atau berbagi wacana-wacana baru yang akan dilaksanakan pada kepengurusan yang akan mendatang." jelasnya.

Kurniawan menambahkan, upgrading ini merupakan langkah awal bagaimana untuk para anggota bisa saling merekatkan keakraban sesama anggota lain yang ditingkatkan melalui ini. Ia juga berharap, HMPS memiliki kegiatan yang bersinar lagi dan menghibur (entertain) yang berbasis Islam sesuai dengan kampus IAIN Kudus.

Pada kesempatan lain, M. Budi Santoso, Ketua HMPS KPI 2019, membahas beberapa rencana kerja yang akan dilaksanakan HMPS KPI 2019. Kabarnya, awal tahun akan mengadakan beberapa kegiatan yang pernah dicanangkan kepengurusan HMPS KPI 2018, 

"hal ini untuk meneruskan estafet kegiatan yang pernah ada, seperti makrab (malam keakraban) yang bertujuan untuk penyatuan kekeluargaan KPI, Festkom (Festival Komunikasi) yang di dalamnya ada lomba-lomba yang sesuai dengan divisi yang ada. Diharap yang memiliki bakat di salah satu divisi dapat tersalurkan.", ungkapnya. 

Rencana jangka selanjutnya, Budi juga merencakan akan mengadakan kunjungan media yang berkaitan dengan divisi dalam HMPS KPI, yaitu mengunjungi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) RUS (Raden Umar Said) yang sebagai SMK Multimedia terbaik di Indonesia.

Kunjungan tersebut untuk belajar fotografi yang diterapkan di Iris (divisi fotografi), dan desain-desain lain. 2019 ini akan lebih ke divisi-divisi lainnya yang belum tersentuh seperti kunjungan ke media yang ada kaitannya dengan jurnalistik. (Rez/Nis)

No comments:

Post a Comment