Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Gema Takbir Keliling Desa Lau Kudus Bertabur Hadiah

Gema Takbir Keliling Desa Lau Kudus Bertabur Hadiah

Warta Journalism, Kudus- Setelah sebulan lamanya umat muslim berpuasa, tiba saatnya menyambut malam takbir. Umat muslim di Indonesia pun menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1440 H dengan gema takbir selasa malam (4/6/2019). Seperti yang dilakukan Anak Remaja Masjid Tsamratul Huda (ARMADA) dusun Sunten Lau Kudus ini, mereka bersuka cita menyambut Idul Fitri dengan mengadakan takbir keliling dan pembagian door prize. 

Tahun ini adalah kali kedua takbir keliling ditambah dengan pembagian hadiah. Para panitia menambah kupon dari tahun lalu sekitar 700 lebih sekarang lebih dari 1.500 kupon dibagi untuk para warga yang hadir dan ikut takbir keliling. Dengan hadiah yang bermacam-macam mulai dari mukena, kompor, toples, alat-alat rumah tangga, alat-alat tulis sampai makanan dan minuman ringan. 

Untuk memeriahkan dan melancarkan kegiatan takbir keliling ini. Para Anak Remaja Masjid Tsamratul Huda (ARMADA) menggalang dana baik mereka iuran sendiri maupun dari iuran warga untuk mengadakan acara tersebut. Dana iuran digunakan untuk menyewa mobil, pengeras suara, banner, bingkisan hadiah, bendera untuk dibawa tiap peserta, lentera-lentera yang dipasang sepanjang jalan dukuh. 

Ketua RT 07/05 Subirin, mengatakan bahagia dan mendukung  kegiatan yang bermanfaat ini dengan acara yang diadakan Ikatan remaja Masjid (IRMAJA) ini. 

“Untuk dana kami bersama warga akan selalu mendukung kegiatan yang diadakan untuk kebersamaan warga desa,” katanya.

Acara dimulai dengan pembacaan tahlil dan do’a bersama untuk meminta keselamatan dari Allah SWT saat takbir keliling. Kemudian pembagian dua kupon, satu untuk dibawa peserta satu lagi untuk nantinya diundi. Takbir keliling yang dimulai dari halaman masjid menuju pelang ke Dawe kemudian berhenti lagi di halaman masjid untuk mengundi kupon berhadiah.

Tahun ini panitia menyiapkan kendaraan takbir keliling dengan 4 mobil bak terbuka dan 1 truk banyak pula peserta yang membawa kendaraannya sendiri. 

Kebahagiaan sambil mengumandangkan gema takbir bertabur hadiah meskipun bukan barang yang mahal dan mewah, namun rasa kekeluargaan yang tercipta warga dukuh yang tumpah ruah hadir. Seperti julukan warga sekitar pada dukuhnya Bumi Sunten Damai (BSD) menjadi do’a semua warga dusun untuk selalu damai dan membangun kekeluargaan.

Lasmini, pembimbing remaja putri juga mengungkapkan selain anak-anak bisa mengikuti takbir keliling dengan orang tuanya, ia juga ingin berbagi kebagiaan salah satu caranya yaitu dengan pembagian kupon berhadiah bila beruntung. Ini tahun kedua dan semoga bisa sampai tahun-tahun berikutnya. “Dengan dibuatnya bingkisan hadiah yang banyak, diharapkan semua warga yang hadir banyak yang kebagian hadiah,” ungkapnya.

Kemudian, Novita (10) salah satu peserta takbir keliling yang menang kupon undian, merasa bahagia dengan hadiah yang ia dapatkan. 
“Aku dapat tas, seneng banget dapat tas baru bisa dipakai sekolah nanti,” jelasnya. 

Hal senada juga diungkapkan Arjun (19) yang mendapatkan hadiah. “Tahun kemaren dapat hadiah mukena, alhamdulillah bisa ngasih hadiah lebaran buat mama, tahun ini dapat makanan ringan,” katanya. (Hana Paramita)

No comments:

Post a Comment