Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

GP. Ansor dan IPNU-IPPNU Muryolobo Jepara Adakan Bukber dan Baksos

GP. Ansor dan IPNU-IPPNU Muryolobo Jepara Adakan Bukber dan Baksos

Warta Journalism, Jepara- Di bulan ramadhan yang penuh berkah ini, begitu banyak warga di dunia berlomba melakukan berbagai kegiatan positif yang bermanfaat. Tidak terkecuali di Indonesia. Ikatan Pelajar Nahdhatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdhatul Ulama (IPPNU) dan Gerakan Pemuda (G.P) Ansor Ranting Muryolobo, Nalumsari, Jepara mengadakan kegiatan buka bersama (bukber) dan bakti sosial (baksos) di Panti Asuhan Darul Ihsan Kedongombo, Buaran, Mayong, Rabu (29/05/2019) silam.

Acara tidak akan berjalan lancar jika tidak dilakukan persiapan yang cukup rumit dan matang. Begitupun juga acara ini. Panitia terlihat bergotong royong dan bekerja keras melakukan berbagai persiapan kegiatan buka bersama dan bakti sosial dengan anak-anak yatim. 

Persiapan dimulai dari menyiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk buka puasa bersama dengan anak-anak panti. Hal ini sudah mulai dilakukan beberapa hari terakhir agar segalanya cukup untuk disiapkan. Seperti membeli bumbu-bumbu dapur, sayur lalapan, kotak nasi dan Ayam untuk digoreng. 

Untuk minuman, mereka menyiapkan ketika sudah hari H. Diolah mulai menjelang sore agar minuman masih terasa nikmat seperti Es Teh untuk buka bersama dan Kolak Pisang Ketela untuk pembagian takjil.

Di sisi lain, untuk keperluan bakti sosial mereka membeli peralatan tulis untuk menunjang pendidikan anak-anak panti. Setelah semua cukup komplit, mereka kemudian memasak untuk pembagian takjil dan buka bersama serta membungkus bingkisan bakti sosial.

Jam dinding menunjukkan pukul 16.00 WIB, acara segera dilakukan. Suasana mulai khidmat ketika Pembawa acara mulai membuka acara. Kegiatan ini dibuka seperti acara-acara lain pada umumnya. Di antaranya Pembukaan dan doa, kemudian dilanjutkan dengan Khataman Al-Quran, tahlil. Acara puncaknya ialah buka bersama bersama anak-anak panti asuhan.

Seusai itu, panitia melakukan sholat berjamaah dengan seluruh anak-anak panti dan pengurus Panti Asuhan Darul Ihsan. Setelah dirasa selesai, acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua yayasan Panti Asuhan Darul Ihsan Abdul Kohar dan Ketua GP. Ansor Nor Kholis.

Ketua IPNU Ranting Muryolobo, Dimas mengatakan dengan menyelenggarakan kegiatan berbagi dengan anak yatim, bertujuan untuk mengharap keberkahan dan terkabulnya doa di bulan suci umat Islam adalah melalui doa-doa anak yatim serta wujud dari Ukhuwah Islamiyyah. Serta mengenalkan kepada masyarakat kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh GP. Ansor, IPNU-IPPNU Ranting Muryolobo.

"wujud dari Ukhwah islamiyah adalah mempererat tali silaturahim antar sesama umat muslim", ujarnya.

Di sisi lain, Abdul Kohar, Ketua Yayasan Panti Asuhan Darul Ihsan, terlihat senang dan mengapresiasi untuk seluruh anggota GP. Ansor dan IPNU-IPPNU Ranting Muryolobo. "Terima kasih kawan-kawan sudah bersedia mengadakan acara ini. Sangat luar biasa telah mampu membuat acara yang cukup bermanfaat", ungkapnya.

Terlihat matanya berkaca-kaca dan tersenyum cukup lebar, bisa dikatakan Ia sangat bahagia. Ia mengharapkan kelak para anggota bisa melakukan kegiatan sejenis yang lebih baik.


Panitia patut diacungi jempol. Sebab saling berusaha mengemban tugas yang diamanatkan kepada mereka dengan bersunggguh-sungguh. Olehnya, mereka sudah berusaha keras melaksanakan jargon IPNU dan IPPNU yaitu belajar, berjuang, dan bertakwa. Sehingga hasil yang dilakukan dapat dikatakan sukses dan lancar.

Selain itu, dalam mendukung keberhasilan dari sebuah acara juga didukung dengan adanya dana. Sekretaris IPPNU ranting Muryolobo, Titik Nor Indah menjelaskan dana yang digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan ini berasal dari kas anggota sendiri serta sebagian lainnya berasal dari sumbangan warga dan tokoh masyarakat.

Namun, kegiatan buka bersama dan bakti sosial ini, bukan hanya dilakukan pada hari itu saja. Tapi, mereka juga melakukan bakti sosial dengan membagikan takjil kepada warga sekitar yang melewati jalan depan Balai Desa Muryolobo. Setelah itu, mereka melakukan buka puasa bersama dengan mengundang beberapa tokoh masyarakat di Masjid Baitul Aziz Desa Muryolobo. 

Acara terakhir ditutup dengan doa bersama sekaligus penyerahan sembako dan alat tulis kepada anak-anak Panti Asuhan Darul Ihsan, mereka cukup senang ketika menerimanya.

Widya, salah satu anak yatim di Panti Asuhan Darul Ihsan mengaku sangat senang dengan kehadiran ikatan pemuda dan pelajar tersebut. " menyenangkan mbak, dapat berbuka puasa bareng-bareng. Saya pribadi sangat terhibur dan teman-teman juga", ucapnya dengan berkaca-kaca. Ia juga berharap agar tahun depan kegiatan ini dapat dilakukan lagi. (Novita Nur Aini)

No comments:

Post a Comment