Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Menikmati Pesona Senja di Pantai Bondo Jepara

Menikmati Pesona Senja di Pantai Bondo Jepara

wartajournalizm.web.id, Jepara - Suasana syahdu yang dilengkapi dengan angin sepoi-sepoi menambah kenikmatan sore kali ini. Meski langit mulai terlihat gelap, tak menyurutkan keinginan pengunjung untuk mengambil foto. Tujuan mereka tentunya untuk mengabadikan momen senja menjelang malam yang begitu indah. Pemandangan warna jingga yang terlukis secara alami sangatlah indah pada sore itu. 

Selain terkenal dengan sebutan Kota Ukir, Jepara juga terkenal memiliki sejumlah Pantai yang ombaknya tenang, serta hamparan pasir putih yang menawan. Tidak terkecuali Pantai Bondo Jepara. Pantai ini terletak di desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Jumat(14/06/2019)

Perjalanan saya dari rumah di Mayong Jepara ke lokasi memakan waktu sekitar 1 jam. Dengan melawati jalan Jepara-Bangsri ke arah  utara sekitar 37 KM dengan mengikuti petunjuk arah. Hingga ketika menjumpai rambu lalu lintas Traffic Light Mlonggo, kemudian masuk ke desa Bondo dan mengikuti petunjuk arah yang tersedia.

Lokasi Pantai Bondo letaknya jauh dari pusat kota yang berada di pesisir pulau jawa. Tepatnya di Jawa Tengah. Walau demikian, Pantai Bondo ini tidak sepi dari pengunjung yang ingin berlibur. Atau sekedar refresing untuk melepaskan penat dengan menikmati pesona alam Pantai Bondo.

Pengalaman perjalanan saya kali ini cukup menyenangkan. Sesampainya di lokasi, saya menjumpai para pedagang yang menjajakan makanan dan minuman. Hal ini tentunya diperuntukan bagi pengunjung yang ingin menghabiskan kebersamaan di Pantai ini.

Perjalanan dari rumah memakan waktu yang tidak sebentar membuat saya ingin melepaskan dahaga dengan pesan satu minuman dari salah satu kedai. Saya berbincang-bincang dengan Sari (28), salah satu pedagang. "Biasanya ramai pengunjung pada saat akhir pekan mas. Selain itu hari libur nasional. Kalo ramai-ramainya ya pas Jumat Wage", ucapnya pada Saya sambil melayani pembeli lain.

Saya manggut-manggut, tanda bahwa saya memahami apa yang dikatakan oleh pedagang itu. "Kok bisa Jumat Wage mbak paling rame, emang ada apa ya? ", tanya saya padanya. Mencoba lebih memahami tradisi yang biasa terjadi di Pantai Bondo. 

"Ya Jumat Wage itu sesuai penanggalan Jawa mas. Karena warga sekitar mempercayai hari pasaran wage memiliki magnet spiritual dan khasiat yang luar biasa.", jelasnya pada saya. Saya akhirnya mengerti bahwa warga sekitar masih mempercayai penanggalan Jawa di zaman yang sudah serba modern.

Setelah saya cukup berbincang dengan pedagang itu, saya berjalan-jalan di pinggiran pantai sambil memuji keagungan Tuhan atas apa yang telah diciptakan. Terlihat dari kejauhan ada sekelompok remaja menghabiskan waktu yang berkualitas dengan teman-temannya. 

Faiz (17), warga Desa Kecapi, Jepara, datang bersama teman-temannya untuk menikmati libur sekolah sehabis lebaran untuk sekedar nongkrong dan menyaksikan sunset, "Habis lebaran mas, dipuas-puasin aja mas. sebelum aktif masuk sekolah lagi, mas. Ke sini sama temen-temen", ujarnya seraya mengaduk-aduk es kelapanya dengan sedotan putih.

Es kelapanya ditempatkan dalam kelapa yang dibuka separuh untuk bisa diminum secara langsung air dan buah kelapanya. Minuman seperti itu tidak aneh diminum karena minuman khas yang dijajakan penjual di pinggir pantai manapun.

"di sini lebih bagus lagi kalau view sore hari kayak gini mas. kita bisa lihat sunset, apalagi di malam hari, kita bisa melihat kelap-kelip lampu PLTU Jepara, indah banget", ungkapnya kembali pada saya sekaligus menjadi kalimat penutup. Sebelum akhirnya ia dipanggil teman-temannya untuk bermain air dan berfoto selfie.

Pantai Bondo selain memiliki pesona senja yang menawan, pantai ini juga dilengkapi pasir putihnya yang menyenangkan. Pemandangan sore hari yang menakjubkan, pengunjung tidak akan rugi bila berlibur ke Pantai Bondo. Tiket masuknya sangat terjangkau, cukup merogoh kocek hanya Rp. 2.500 saja sudah bisa membuat kalian keliling pantai sepuasnya. 

Jadi, kapan kalian pergi ke sana? Saya rekomendasikan pada kalian untuk menghabiskan waktu di Pantai Bondo. Nikmati hamparan pasir putih yang menawan, serta indahnya sunset yang sangat mempesona dengan tiket masuk yang sangat terjangkau. (Abi Damara Pratama)

No comments:

Post a Comment