Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Perdana, PAC IPNU-IPPNU Trangkil Adakan Lomba Kampung Ramadan

Perdana, PAC IPNU-IPPNU Trangkil Adakan Lomba Kampung Ramadan

Warta Journalism, Pati - PAC IPNU-IPPNU Trangkil desa Tlutup memiliki cara tersendiri guna memeriahkan bulan Ramadhan ini dengan membuat acara Kampung Ramadhan yang diselenggarakan di Balai Desa Tlutup. Kampung Ramadhan desa Tlutup ini menawarkan kreatifitas pelajar, pemuda, maupun mahasiswa untuk memeriahkan acara ini, Jumat (31/5/2019).

Acara Kampung Ramadhan yang merupakan event pertama yang diadakan atas kolaborasi antara PAC IPNU-IPPNU Trangkil dengan pemerintah desa Tlutup bersama Kepala Desa, Yayasan Tirto Buwono, para Pemuda dan serta Karang Taruna.

Dalam acara Kampung Ramadhan salah satu event festival pelajar yang diselenggarakan yaitu berbagai lomba yang pesertanya IPNU-IPPNU sendiri, dimulai dari setelah ashar sampai menjelang Maghrib. Seusai itu, Buka puasa bersama, Shalat berjamaah dan Tarawih bersama di Balai Desa Tlutup selama Kampung Ramadhan berlangsung.

Festival Pelajar yang diadakan meliputi beberapa lomba: pertama, lomba videografi. Setiap ranting dihimbau untuk mengumpulkan film pendek yang telah mereka persiapkan sebelumnya. Salah satu kriteria penilaiannya ialah video harus menarik, seperti: Pengambilan gambar halus, editing menarik, tema unik, pemeran video memiliki acting yang cukup bagus dan lain sebagainya.

Di sisi lain, ada lomba yang tidak kalah menarik. Sebut saja Lomba Da’i Muda untuk pelajar tingkat SMP/SMA. Aspek penilaian juga sama, harus menarik orang lain untuk tertarik menyimak sampai akhir. Lomba lainnya lagi panitia juga enyediakan lomba Karoke Islami. Lomba ini diikuti oleh kalangan umum sesuai ranting PAC Trangkil.

Sedangkan Lomba Duta Pelajar sebagai Penutupan Lomba yang diselenggarakan selama dua hari yang meliputi pengenalan terlebih dahulu dan menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan dewan juri. Busana yang dikenakan dalam lomba Fashion Show ialah dengan memakai baju IPNU-IPPNU. Dilanjut dengan sesi pertanyaan yang berkaitan dengan Makesta dan juga pertanyaan dari dewan juri. 

Lomba tersebut diikuti oleh PAC IPNU-IPPNU di setiap ranting untuk mewakili setiap lomba selain itu, lomba ini dapat diikuti oleh kalangan umum sesuai dengan kriteria lomba yang disyaratkan oleh panitia. Dimeriahkan juga dengan penampilan dari akustik PAC Trangkil dan Ranting.

Ketua PAC IPNU IPPNU Trangkil, Asroni (19), mengatakan Acara Kampung Ramadhan ini sebenarnya kegiatan untuk pemuda guna memfasilitasi teman-teman dari seluruh kecamatan Trangkil untuk menyalurkan kreatifitasnya, minat dan bakatnya, "Selain itu juga menggali kemampuan terpendamnya melalui lomba. Kegiatan ini dapat menyalurkan kreatifitas juga melatih kemandirian pelajar dalam berjualan di Kampung Ramadhan,” ungkapnya.

Senada dengan Asroni, Sindi salah satu peserta lomba di Kampung Ramadhan mengaku cukup bersemangat mengikuti lomba ini, "semoga acara seperti ini tetap diadakan setiap tahun, diadakan lebih unik dengan minat bakat pelajar serta dapat bermanfaat bagi semua orang", ungkapnya.

Sindi menambahkan, Acara ini baginya sudah cukup bagus, selain itu menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang mampu meningkatkan kreatifitas dan juga solidaritas antar pelajar.

Selain event berbagai lomba yang diadakan di kampung ramadhan ini,  para pelajar lainnya berjualan takjil di acara tersebut. Hal ini cukup menjadi ajang pembelajaran bagi mereka. Terbukti dapat membuat mereka menjadi mandiri dalam berjualan, serta dapat mengatur manajemen keuangan dengan baik.

Penutupan Acara Kampung Ramadhan ini ditutup dengan mengumumkan para pemenang lomba yang sebelumnya usai digelar. Diumumkan satu persatu dan diberi penghargaan serta piala. Dalam penutupannya setiap pemenang lomba menampilkan kembali penampilannya, sehingga dapat dilihat oleh semua tamu undangan. (Ummi Wahdatul Karimah)

No comments:

Post a Comment