Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Prodi KPI IAIN Kudus Adakan Workshop Pengembangan Kurikulum Prodi di Era Industri 4.0

Prodi KPI IAIN Kudus Adakan Workshop Pengembangan Kurikulum Prodi di Era Industri 4.0

wartajournalizm.web.id, Kampus- Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus adakan Workshop di Aula Gedung Rektorat lantai 3 kampus IAIN Kudus.

Workshop kali ini mengusung tema “Pengembangan Kurikulum untuk Menjawab Tantangan dan Peluang Prodi KPI”.

Seketika Aula dipenuhi ratusan Mahasiswa Prodi KPI dan sejumlah dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) yang khidmat menyimak Workshop, Selasa (17/09/2019).

Hal ini lantas disebabkan prodi KPI menghadirkan dua asesor BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional- Perguruan Tinggi) Najahan Musyafak dari UIN Walisongo Semarang, Nawari Ismail dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Dekan Fakultas FDKI IAIN Kudus, Masturin.

Workshop tersebut dimaksudkan untuk menilik kembali kurikulum prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk dikembangkan lebih baik dan diperbarui sesuai kondisi masyarakat sekarang ini.

Kurikulum tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Agar mahasiswa KPI selalu mendapatkan peluang yang sesuai di kancah lokal, nasional maupun internasional.

Menurut Najahan Musyafak, Narasumber BAN-PT, masyarakat perlu ditanya kebutuhannya apa, agar pengembangan kurikulum tidak terserabut dari kebutuhan masyarakat.

“bagaimana caranya mengetahui kebutuhan masyarakat? caranya adalah melakukan survey kepada masyarakat. hal tersebut adalah hal mudah yang dilakukan mahasiswa dan pasti akan mendapat data yang valid", jelasnya.

Nawari Ismail, narasumber kedua yang juga asesor BAN-PT mengungkapkan, kurikulum harus senantiasa ditinjau dan dikaitkan dengan perubahan yang terjadi di dalam masyarakat. 

Dilihat dalam segala aspek, termasuk sosial dan perubahan landskap budaya, "peninjauan tersebut bertujuan agar mahasiswa mendapat bahan-bahan kajian yang up to date sesuai dengan perkembangan kehidupan masyarakat”, ungkapnya.

Ditemui Tim Warta Journalism seusai acara, Panitia workshop sekaligus Kasubag Tata Usaha dan Keuangan, Sri Anah mengungkapkan, dengan diadakannya workshop tersebut berharap dosen dan mahasiswa KPI memahami pentingnya pengembangan kurikulum di era industri 4.0.

“workshop ini sangat bermanfaat dan memang perlu diadakan setiap tahunnya, tidak hanya sebagai teori saja akan tetapi praktiknya juga”, harapnya.

Di sisi lain, Peserta Workshop, Adam Dermawan, Mahasiswa prodi KPI kelas C3 mengaku senang mendapat ilmu baru. Baginya sangat menggugah hatinya untuk mengaplikasikannya.

Ia berharap kegiatan workshop tersebut diadakan secara rutin, “semoga kegiatan seperti ini menjadi kegiatan rutinan dan menghadirkan narasumber yang luar biasa tiap workshop dengan berbeda-beda”, terangnya.


Reporter dan Foto : Ir, Fer, Diy
Editor : Nis

No comments:

Post a Comment