Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

HMPS PGMI Adakan Seminar Pendidikan Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

HMPS PGMI Adakan Seminar Pendidikan Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

wartajournalizm.web.id, Kampus- Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (HMPS PGMI) IAIN Kudus mengadakan seminar pendidikan dengan mengusung tema “Digitalisasi Pendidikan Di Era 4.0”. seminar tersebut, dihadiri oleh dosen dari Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus,  Achmad Ali Fikri dan Community Development PT. Smartfren Telcom tbk, Harlan Purwanto yang dilaksanakan di gedung SBSN Lt.1, Selasa (25/2/2020).



Ketua HMPS PGMI, Muhammad Fikri Abdun Nasir mengatakan dengan diadakannya seminar pendidikan  dapat meningkatkan wawasan serta pengalaman yang dimiliki mahasiswa mengenai pendidikan di era Revolusi Industri 4.0.


Achmad Ali Fikri, Dosen Tarbiyah mengatakan, Perkembangan sistem management pedidikan di Indonesia cukup tertinggal. Proses pembelajaran E-Learning di Indonesia diterapkan pada tahun 1990. Sedangkan proses pembelajaran E-Learning di Amerika sudah diterapkan sejak 1924.

“Kualitas pembelajaran yang baik adalah interaksi dan kedekatan antara guru dengan murid dalam proses pembelajaran,” tuturnya.


Kemudian purwanto juga menambahkan bahwa di era yang serba digital ini segalanya digantikan oleh teknologi, dan teknologi hanya penunjang dalam prosos pembelajaran. Dengan demikian manusia akan semakin tersisihkan jika tidak diimbangi dengan ide-ide kreatif.

“Seperti Ruang Guru, sebagai tanda dunia pendidikan sudah beralih pada era digital,” jelasnya.


Warda, mahasiswa PGMI angkatan 2016 juga mengaku senang dapat mengikuti seminar ini. karena bisa mengetahui lebih dalam mengenai lerning management system menggunakan aplikasi bagi pendidik di era 4.0.


“Saya berharap pendidikan di Indonesia lebih berkembang, dan masyarakatnya mampu menggunakan teknologi yang tersedia dengan lebih bijak dan kreatif, terutama bagi pendidik dalam mengaplikasikan pembelajaran” harapnya.


Reporter : Nil, Fu
Editor : Fa

No comments:

Post a Comment