Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Kirab Banyu Panguripan Peringati Masjid Menara Kudus

Kirab Banyu Panguripan Peringati Masjid Menara Kudus


wartajournalizm.web.id, Kudus – Dalam rangka memperingati sejarah-sejarah peninggalan Sunan Kudus. Yayasan Masjid, Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) mengadakan kirab banyu panguripan.

Arak-arakan kirab banyu panguripan dimulai dari alun-alun simpang tujuh menuju Menara Kudus, Rabu (11/3/2020) sore.

Banyu panguripan merupakan percampuran dari 51 sendang atau mata air. Sebanyak 50 mata air di antaranya berasal dari kota kudus meliputi mata air Rahtawu, Hadipolo, Sendang Dudo, Mejobo, Wonosoco serta berbagai mata air yang ada di wilayah Kudus.

Sedangkan satu mata air lainnya berasal dari Sunan Kalijaga, Demak. Air tersebut ditampung dalam wadah gentong tanah berukir serta ornamen-ornamen miniatur yang serupa Menara Kudus turut menghiasi banyu panguripan.

Salah satu perserta kirab banyu panguripan, Saelan  mengatakan acara ini bertujuan untuk melestarikan sejarah peninggalan Sunan Kudus.

“Banyu Panguripan dilaksanakan sebagai bentuk melestarikan sejarah dan sebagai bentuk memperingati hari jadi Masjid Al-Aqsha Menara Kudus” imbuhnya

Masyarakat setempat meyakini Banyu Panguripan membawa keberkahan dan kesejahteraan. Selain itu, banyu panguripan dipercaya dapat mengobati orang sakit. Tak ayal, banyak masyarakat sekitar Kudus berebut banyu panguripan.

Reporter : Nov
Editor : Fu

No comments:

Post a Comment