Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

HMPS KPI Adakan Program Kajian Ramadhan di RBM FM

HMPS KPI Adakan Program Kajian Ramadhan di RBM FM

wartajournalizm.web.id, Kampus - HMPS KPI IAIN Kudus mengadakan acara Kajian Ramadhan. Kajian Ramadhan menjadi salah satu program acara dari divisi penyiaran (RBM FM) IAIN Kudus yang diadakan perdana di Bulan Ramadhan.

Kajian Ramadhan ini cocok menjadi ajang untuk menyemarakkan kegiatan dakwah Islam di Bulan Ramadhan. Tema yang akan disajikan rencana dikemas menarik untuk menghibur dan memberi wawasan keislaman selama bulan ramadhan, Jumat, (24/04/2020).

Narasumber yang ikut berpartisipasi adalah dosen IAIN Kudus yang sebagian besar dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI), dan beberapa dosen dari luar Fakultas. Program ini bisa didengar melalui live streaming di radio.iainkudus.ac.id, setiap Senin-Jumat jam 4 sore.

Millatul Mardhiyyah, ketua HMPS KPI IAIN Kudus berharap program terbaru ini dapat memberi manfaat di bulan ramadhan, " saya harap bisa bermanfaat bagi sobat kampus agar dapat beribadah tanpa ada yg menghalangi meski di tengah pandemi ini”, ungkapnya.

Kajian keislaman ini adalah implementasi dari visi Islam Terapan program studi KPI. Artinya, berusaha memadukan kegiatan dakwah dengan kompetensi penyiaran Islam yang dimiliki mahasiswa dan bentuk partisipasi aktif Prodi KPI dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan.

Menurut Riza Zahriyal Falah, Kaprodi KPI IAIN Kudus, tujuan adanya kajian ramadhan sebagai pengembangkan kreatif bagi mahasiswa, “untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa, khususnya divisi penyiaran HMPS KPI,

juga memberikan kesempatan kepada dosen-dosen IAIN Kudus, khususnya dosen FDKI untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat”, jelasnya.

Riza menambahkan, program ini memiliki kendala berupa masalah jaringan internet, sebab jaringan internet sebagai pihak pertama agar radio dapat didengarkan oleh lebih banyak orang. Radio ini baru terfokus melakukan siaran streaming belum FM.

Selain itu, Riza juga sudah melakukan koordinasi dengan unit TIPD IAIN Kudus, seperti meminta IP Public, bandwith yang stabil untuk keperluan upload dan jaringan LAN yang lainnya.

"Ada juga komunikasi antar penyiar dan narasumber menjadi kendala, karena pandemi  COVID-19 ini pada bekerja dari rumah, jadi ya koordinasi harus lebih intensif untuk menentukan jadwal, tema, narasumber, dan host siaran", tutupnya.


Reporter : Fu, Wid
Penulis : Ir
Editor : Nov/Niss

No comments:

Post a Comment