Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Kolaborasi GenBI IAIN Kudus & GenBI UNTIDAR Gelar Webinar Ekonomi

Kolaborasi GenBI IAIN Kudus & GenBI UNTIDAR Gelar Webinar Ekonomi

Warta Journalizm, Kudus- GenBI IAIN Kudus dan GenBI UNTIDAR berkolaborasi bersama menggelar Webinar Ekonomi yang bertemakan “Strategi Pengembangan UMKM dan Urgensi Digitalisasi Informasi Keuangan”. 

Bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan dan pemahaman mengenai strategi pengembangan UMKM, guna memotivasi para peserta untuk bisa melek digitalisasi informasi keuangan, dan memberikan pengetahuan mengenai urgensi. 

Webinar ekonomi diikuti kurang lebih 100 peserta, berlangsung dengan sangat menarik oleh Totok Susilo Pamuji, Owner Batik Helza dan Batik Kultura Solo, serta Anis Saadah, CO-Founder Innocircle & CMO MYCOOP.  Diadakan secara daring melalui Zoom, Minggu (11/04/2021). 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh masing-masing ketua komisariat, “Alhamdulillah acara Webinar Ekonomi berjalan dengan lancar. Peserta sangat antusias untuk bertanya pada kedua pemateri. Karena materi yang disampaikan tidak hanya kulitnya saja namun sampai ke daging-dagingnya", ungkap Yuninda Dewi, Ketua Komisariat Untidar.   

Totok Susilo Pamuji, pemateri pertama, antusias menjelaskan tentang strategi-strategi yang harus dilakukan sebelum membuka usaha dan membagikan pengalamannya dalam mengelola bisnisnya.

Selain itu, pemateri kedua dipaparkan secara gamblang oleh Anis Sa'adah. Ia memberikan materi kekinian tentang bagaimana mengelola keuangan UMKM berbasis digital yang makin digandrungi.

         Moderator dan pembicara sedang mengisi acara

Tema yang diangkat menurut Ayuni Sofiyah, Ketua Komisariat IAIN Kudus, sangat sesuai yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis masa kini. Pasalnya, dapat menambah semangat pelaku bisnis maupun mahasiswa yang mempunyai minat berbisnis ketika masa pandemi.

"Kegiatan webinar ekonomi ini dapat dilanjutkan pada kegiatan kelas / workshop, sesuai dengan tema dari kegiatan hari ini, agar nantinya bisa jadi output atau impact yang dapat dilihat secara nyata”, tambahnya.

Dijumpai di tempat yang berbeda, Umi Kamilia, ketua panitia Webinar Ekonomi mengungkapkan, kegiatan kolaborasi antara Untidar dengan IAIN Kudus ini tercipta atas kerja keras seluruh tim yang terlibat. Komunikasi yang baik menjadi penentu utama kegiatan dapat terlaksana. 

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional setelah terdampak pandemi Covid-19. 

"UMKM di Indonesia terpukul cukup keras karena pandemi COVID-19. Berbagai cara dilakukan oleh UMKM agar dapat bertahan. Salah satunya adalah mempercepat peralihan UMKM ke era digital", tuturnya.

Ia juga berharap, semoga webinar ekonomi ini banyak anak muda yang dapat mengembangkan usahanya di tengah pandemi ini. Hadir dengan inovasi-inovasi untuk membantu UMKM untuk go digital. 



Penulis : Hana Nurafifah (Mahasiswi GenBi UNTIDAR) & M. Zaenul Fikron (Mahasiswa GenBI IAIN Kudus)

No comments:

Post a Comment