Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

GenBi IAIN Kudus Adakan Pelatihan Menulis Karya Ilmiah Anti Plagiasi

GenBi IAIN Kudus Adakan Pelatihan Menulis Karya Ilmiah Anti Plagiasi

Warta Journalizm, Kudus-GenBI IAIN Kudus mengadakan pelatihan bertemakan "Tips dan Trik Menulis Jurnal Minim Plagiasi" virtual via zoom. Tentunya menjadi program kerja GenBi (Generasi Baru Indonesia) IAIN Kudus.

GenBi sendiri merupakan suatu wadah perkumpulan komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia dan tersebar di seluruh Indonesia, Senin (24/5/2021).

Pelatihan ini dimaksudkan dari pihak GenBi IAIN Kudus agar bisa menumbuhkan kualitas dan semangat pada mahasiswa GenBi dalam mengerjakan tugas karya tulis ilmiah.

Perwakilan civitas akademik IAIN Kudus, dihadiri Ihsan, Wakil Rektor III via virtual turut memberikan sambutan untuk program kerja GenBi IAIN Kudus.

Warek III mengungkapkan, rencananya akan ada terobosan baru untuk mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya,

"kemungkinan nanti para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir perkuliahan bisa membuat sebuah jurnal yang dipublikasikan. Sehingga tidak harus menempuh jalur skripsi”, ucapnya ketika memberikan sambutan. 

Peserta pelatihan GenBi IAIN Kudus ini hanya diperuntukan bagi mahasiswa GenBI IAIN Kudus dan mahasiswa GenBi lainnya dari berbagai Universitas yang ada di Indonesia.

Acara yang berlangsung sejak pukul 08.45 WIB itu, cukup meriah dan lancar dengan dihadiri narasumber yang berkompeten, Bayu Tri Cahya, dosen IAIN Kudus.

Terlihat puluhan peserta yang mengikuti bersemangat dan menyimak pelatihan dari awal hingga akhir. Ada juga penobatan 3 peserta terbaik karena aktif memberi tanggapan. 

Tema yang diangkat memang menarik, karena berkaitan dengan tugas wajib mahasiswa di semester akhir. Tentunya harus menyelesaikan karya tulis skripsi dengan baik.

Tidak sedikit dari para mahasiswa biasanya masih kebingungan dalam memahami plagiasi. Bagaimana membuat karya tulis yang bebas dari plagiasi atau jiplakan.

Meski demikian, cara penyampaian pemateri yang santai membuat peserta menjadi lebih memahami materi yang disampaikan. Sehingga sedikit menjadi angin segar bagi mahasiswa untuk siap hadapi karya tulis nantinya. (Red)

No comments:

Post a Comment