Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

DEMA IAIN Kudus Gandeng Seniman Lokal di Festival Gandrung Seni Nusantara

 DEMA IAIN Kudus Gandeng Seniman Lokal di Festival Gandrung Seni Nusantara

Gb. Suasana opening ceremony festival gandrung seni nusantara

Warta JournalizmKampus-Dalam memenuhi hasrat mahasiswa untuk mengadakan event di tengah pandemi, Dema Institut Agama Islam Negeri Kudus persembahkan event super spesial dengan menggandeng para seniman lokal pada Selasa, 26/10/2021.

Perjuangan yang dilalui selama satu bulan dalam menyelenggarakan Festival Gandrung Seni Nusantara mendapat respon positif dari Rektor IAIN Kudus. Dengan dimulai menyemarakkan pawai twibbon di sosial media dengan persiapan waktu yang kurang lebih hanya 15 hari untuk mempersiapan acara tersebut. Serta disusul dengan panggung bebas dan panggung mahasiswa, dengan acara puncak pada malam hari yang diisi oleh beberapa seniman.

Acara berlangsung selama satu hari dari pagi dan berakhir sampai malam hari dengan bertempat di GOR IAIN Kudus. Opening Ceremony yang dihadiri oleh Rektor. Juga terlihat beberapa tamu undangan yang terdiri dari perwakilan beberapa UKM yang ada di kampus.

Dalam pembukaannya, Rektor IAIN Kudus sangat mensuport event ini agar dapat terselenggara dengan lancar. “Kami sangat berterimakasih atas terselenggaranya kegiatan festival gandrung seni nusantara dengan mengandeng tema yang sangat menarik”, ucap Bapak Mundzakir dalam memberikan sambutannya.

Festival seni ini terealisasi atas dasar keresahan yang dialami oleh para mahasiswa tentunya selama pandemi ini. Sesuai dengan tema Abad Kesunyian Gaungkan Kesenian “ Kita membuat event ini sebagai wadah semangat untuk teman-teman seniman.” Ucap Annas selaku ketua Dema Institut saat ditemui di GOR IAIN Kudus.

Para seniman juga turut hadir dalam acara ini. Perwakilan dari beberapa kampus lain seperti Universitas Muria Kudus, Universitas Muhammadiyah Kudus, dan juga ada dari MTs Nurussalam. Beberapa komunitas yang bersifat umum serta beberapa sanggar seni juga turut andil dalam memeriahkan acara ini. Dengan menampilkan beberapa karya dalam panggung bebas yang sudah disediakan khusus oleh panitia bagi para seniman yang tergabung dalam sebuah kelompok seni.

“Panggung Mahasiswa yang digunakan sebagai wadah kreasi mahasiswa IAIN Kudus sendiri. Serta kami juga membuat Panggung bebas yang dipersembahkan untuk para seniman luar kampus.” Lanjut Annas.

Setalah acara ini terselenggara kedepannya diharapkan dapat menyelengarakan event-event tertentu di kampus sendiri yang selama masa pandemi sempat terkendala oleh perijinan dan sebagainya. Serta untuk para seniman yang sempat tergerus oleh keadaan agar dapat tetap menggaungkan jiwa kesenaiannya. “Ingin menumbuhkan jiwa kesenian para seniman yang ada dikudus tentunya agar melek dengan masanya untuk bangkit setelah selama ini terdiam oleh pandemi.” Ucap Sobri selaku ketua acara festival gandrung seni nusantara. (wul/ris)

No comments:

Post a Comment