Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Mahasiswa KPI IAIN Kudus Bagikan Pengalamannya Dapat Beasiswa Program IYL di Malaysia

Mahasiswa KPI IAIN Kudus Bagikan Pengalamannya Dapat Beasiswa Program IYL di Malaysia


 Warta Journalizm - Mahasiswa IAIN Kudus, Atik Khasanah terpilih mewakili IAIN Kudus untuk mengikuti International Youth Leader (IYL) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Atik Khasanah merupakan mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN  Kudus, membagikan pengalamannya selama mengikuti IYL itu.

"Alhamdulillah, saya berhasil lolos beasiswa Internasional Youth Leader Chapter We Love Palestine dan mewakili IAIN Kudus dalam IYL program 2022 di Kuala Lumpur Malaysia, untuk tiket pesawat ditanggung dari pihak kampus IAIN Kudus dan tidur di Hotel Ramada Encore", ucap Atik pada Kamis, 14 April 2022.

Diketahui, Atik mengikuti kegiatan di IYL selama 3 hari dari sejak 9 April hingga 11 April 2022 dan  pulang ke Indonesia pada 12 April 2022, 

Atik termasuk salah satu dari 32 mahasiswa dari seluruh Indonesia yang lolos program IYL seperti  UI, UNAIR, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Kuningan, UPI dan lainnya.

Untuk kegiatannya selama 3 hari di Kuala Lumpur, Atik turut membaginya dengan senang hati beberapa kegiatannya bersama mahasiswa keren lainnya.

"ada University Visit ke Universitas Kebangsaan Malaysia, Leadership Class with Keynote Speaker, Inspiring Talkshow, Focus Grup Discussion, riset market dan concert humanity for Palestine.", jelasnya.

Atik menceritakan tahapan-tahapan yang ia lalui sebelum akhirnya lolos diterima sebagai perwakilan mahasiswa untuk IAIN Kudus di IYL.

"Ya untuk daftarnya ada seleksinya, yaitu seleksi pengetahuan, seleksi berkas dan tahap terakhir wawancara. Untuk program ini menyediakan Fully Funded, Partial Funded, dan Self Funded tergantung hasil seleksi lolos beasiswanya", tuturnya.


Dengan lolosnya Atik di IYL ini, bisa berikan inspirasi bagi mahasiswa di IAIN Kudus untuk berani berprestasi hingga di kancah Internasional.

Sebagai informasi, IYL ini berisikan pelatihan dan pendidikan kepemimpinan untuk pemuda Indonesia yang dibentuk oleh CV International Youth Leader.

Bidang yang dipegang adalah Student Exchange, Leadership Camp, Halal Tour and Travel. Sedangkan untuk Youth Leader ini, untuk melatih pemimpin muda agar mandiri dan siap bersaing hingga di Internasional.

Seluruh kegiatan IYL ini, sudah didukung oleh pihak pemerintah terkait yaitu Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Memiliki visi untuk menggali potensi pemuda sebagai pemimpin umat yang unggul dalam prestasi, profesional dalam bekerja, berakhlakul karimah dalam perilaku, dan siap bersaing di kancah Internasional. 

Misi IYL ini juga membentuk karakter kepemimpinan pada pemuda (pelajar/mahasiswa), kenalkan ragam budaya Indonesia ke luar negeri, membentuk cara berfikir inovatif saat terjun di dunia kerja dan keterampilan di bidang kewirausahaan. (Amal/Udin)

No comments:

Post a Comment