Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Pasar Sendang Winong Sari Jaya Kenalkan Produk UMKM dan Kearifan Lokal

Pasar Sendang Winong Sari Jaya Kenalkan Produk UMKM dan Kearifan Lokal

 

Warta Journalizm - Kudus, Menjadi salah satu desa wisata di Kabupaten Kudus, Dukuh Buyutan Desa Margorejo memanfaatkan kearifan lokal sendang menjadi pasar Sendang Winong Sari Jaya. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga menjadi potensi desa yang diangkat dalam acara tersebut, Sabtu (10/12/2022).

Tidak hanya berburu kuliner dan menikmati keasrian Sendang, pengunjung juga dapat menikmati musik akustik, tarian tradisional, dan musik campur sari yang telah dipersiapkan oleh warga setempat.

Ketua panitia, Ulin Nuha mengatakan Sendang menjadi satu-satunya potensi wisata di Buyutan, sehingga digelarnya pasar Sendang Winong sebagai salah satu cara untuk mempromosikan potensi desa Margorejo. 

"Maka setiap dukuh di Margorejo digali potensinya yang diprakarsai Pokdarwis", ungkapnya saat melalui pesan singkat di WhatsApp.

Lebih lanjutnya lagi, Ulin menjelaskan bahwa total stand UMKM kurang lebih ada 26 dengan berbagai produk, seperti kuliner tradisional, pakaian, dan kreasi kuliner modern.

Ikut dalam partisipasi, (Generasi Baru Indonesia) GenBI IAIN Kudus mempertunjukkan tari kretek khas Kudus dan menjajakan produk olahan sendiri, berupa kuliner dan gelang tangan yang dikemas dengan modern. Proses transaksi juga dapat dilakukan melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), sebagai alat transaksi modern.

"Dengan waktu yang singkat GenBI IAIN Kudus terus berkoordinasi dengan pihak desa untuk persiapan yang optimal", jelas Mardliyyah salah satu anggota GenBI IAIN Kudus. (Nada)

No comments:

Post a Comment