Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

GenBI IAIN Kudus Gelar Sosialisasi Beasiswa BI, Begini Kunci Lolosnya

GenBI IAIN Kudus Gelar Sosialisasi Beasiswa BI, Begini Kunci Lolosnya

 

Warta Journalizm - Kudus, Diikuti oleh 200 peserta, GenBI IAIN Kudus menggelar sosialisasi beasiswa Bank Indonesia (BI). Mengangkat tema "Mewujudkan SDM Unggul dan Berkualitas Bersama Bank Indonesia", acara tersebut berjalan lancar melalui ruang virtual. 

Sosialisasi tersebut dilaksanakan bertujuan untuk membekali peserta dalam menyiapkan pemberkasan data dan seleksi wawancara. Ketua GenBI Korkom Semarang, Andini Rahman berharap semua peserta dapat menyerap materi dan motivasi yang diberikan oleh narasumber. Sehingga setiap peserta dapat mempersiapkan berkas pendaftaran dengan baik.

"Teman-teman bisa serap materi dan ilmu sebanyak-banyaknya," terangnya (15/01/2023).

Senada dengan Andini, Ketua Panitia, Choirotun Khasanah mengharapakan semua peserta dapat menyimak materi dari awal sampai akhir. Sehingga dapat menjadi bekal bagi mereka untuk bisa lolos seleksi.

"Tanyakan apa yang perlu ditanyakan," terangnya .

Pembina I GenBI IAIN Kudus, Kisbiyanto mengatakan nantinya peserta yang mendapatkan beasiswa dan menjadi bagian dari GenBI, diharapkan mampu aktif dalam menjalani program dari Bank Indonesia. Selain itu, ia juga berharap GenBI bisa ikut ambil dalam kegiatan kampus, baik dalam ranah nasional maupun internasional.

"Ditingkat nasional kita ingin menampilkan kegiatan yang bersifat ilmiah, seni, dan budaya yang nantinya melibatkan mahasiswa sehingga menunjukkan kiprah mereka," terangnya.

Untuk pemberkasan beasiswa BI dijelaskan oleh Rafi Roykhan (Ketua GenBI IAIN Kudus 2022/2023). Ia mengatakan bahwa tahap seleksi ada dua, yaitu administrasi dan wawancara. Di tahap administrasi, mahasiswa harus mempersiapkan berkas dan selalu menelitinya sebelum diupload.

Lebih lanjutnya, ia menjelaskan bahwa calon penerima beasiswa harus mengganti pola pikir. Menurutnya alasan mendapatkan beasiswa tidaklah berada pada dana pendidikan , tetapi bagaimana pendanaan tersebut dapat membantu meringankan beban orang tua.

"Karena eksistensi anak-anak penerima Beasiswa BI adalah kembali ke masyarakat untuk pengabdian. Serta di sini kalian dapat mengasah skill," jelasnya.

Ketua GenBI IAIN Kudus periode 2020/2021, Ayuni Sofiah membagikan tips lolos wawancara. Dimana sebelum seleksi wawancara, peserta harus sudah mempersiapkan materi dan berusaha menampilkan diri dengan baik dan rapi.

Setiap peserta juga harus selalu update setiap informasi, untuk kemudian memahami karakteristik beasiswa. Tidak hanya itu, setiap peserta juga perlu mencantumkan setiap presentasi dan pengalaman kalian yang pernah diikuti.

"Persiapan CV, motivation latter, dan portofolio," ungkapnya. (Nad)

No comments:

Post a Comment