Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Antisipasi Penyebaran Hoax di Media Sosial, Mahasiswa KPI Adakan Penyuluhan di MTS Miftahul Balong Jepara

Antisipasi Penyebaran Hoax di Media Sosial, Mahasiswa KPI Adakan Penyuluhan di MTS Miftahul Balong Jepara


Dokumentasi pribadi


Warta Journalizm - Kudus  Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN Kudus yang bernama Khoiru Dain, Kolis Sugiharto, M. Aniq Mirza Hilmi serta Ahmad Amirul Wildan mengadakan penyuluhan di MTS Miftahul Falah Balong Jepara. Penyuluhan tersebut dilakukan guna memenuhi tugas mata kuliah hukum dan etika media massa. Kegiatan ini diselenggarakan pada Senin, (22/05/2023). 


Dalam penyampaiannya kepada siswa kelas 8B, Kolis Sugiharto menyampaikan terkait etika bermedia sosial.


"Sekarang ini, banyak sekali masalah yang ada jika kita tidak menerapkan etika bermedia sosial, salah satunya adalah terkait penyebaran hoax," ucap mahasiswa kelas C.


Ahmad Amirul Wildan dalam penyampaiannya juga menambahkan terkait urgensi menghindari penyebaran serta penerimaan berita hoax.


"Banyak sekali berita hoaks yang beredar sekarang ini. Jadi jangan sampai kita turut serta dalam menyebarluaskan berita hoax tersebut," imbuhnya.


Lebih lanjut, M. Aniq Mirza Hilmi juga memberikan sejumlah tips agar mengatasi berita hoax yang beredar di media sosial.


"Tips untuk mengatasi berita hoaks adalah mencari referensi berupa berita dari situs resmi, cek keaslian foto dengan google images, serta mencermati alamat situs yang didapatkan dari website," tambahnya.


Sebagai pelengkap, M. Khoiru Dain membagikan tips terkait menggunakan media sosial.


"Pilih-pilih pesan, tetap kritis dan berpikir, perhatikan gaya bahasa, serta perjelas nama dan gambar," ucap M. khoiru Dain. (Ella)



No comments:

Post a Comment