Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

KPI Gelar Workshop Online Security

KPI Gelar Workshop Online Security
Dokumentasi: pribadi

Warta Journalizm - Kudus, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) menyelenggarakan workshop dengan tema "Amankan Medsosmu, Lindungi Dirimu" pada Rabu (14/06/2023)  pukul 13.00-14.30 WIB. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 40 peserta.  

Materi disampaikan oleh Primi Rohimi, S.Sos., M.S.I. selaku dosen KPI. Selain itu turut hadir juga Sunarni, M.I.KOM. selaku dosen KPI dan sebagai opening speech acara workshop. Acara ini diselenggarakan di gedung F1 kampus barat IAIN Kudus. 

Online security (keamanan daring). Kata online memiliki sinonim diantaranya adalah online, daring, cyber, internet, digital, siber, web, virtual, dunia maya. Sedangkan kata security memiliki sinonim yakni keamanan, aman, tidak bahaya, bebas, merdeka. 

Cybercrime (kejahatan siber) dapat terjadi karena adanya beberapa peluang dan juga ada beberapa faktor penyebab diantaranya adalah rasa penasaran, sabotase, uang, popularitas, curi data, dan juga vandalisme. 

"Keamanan berbanding terbalik dengan kenyamanan" ucap primi rohimi dalam penyampaian materi. Ada beberapa tips agar kita terhindar dari cybercrime yakni

1. Cadangkan data Anda

2. Selalu perbarui sistem operasi Anda ke data

3. Instal perangkat lunak antivirus

4. Pilih kata sandi yang unik

5. Siapkan autentikasi dua faktor

6. Gunakan jawaban pemulihan kreatif

7. Hati-hati dengan jaringan WiFi gratis

8. Pintar-pintarlah menggunakan media sosial

9. Jangan memberikan info pribadi

10. Periksa laporan bank secara teratur

11. Dapatkan pemeriksaan kredit reguler

"Password itu ibarat celana dalam yang harus sering-sering ganti, harus rahasia (privat), jangan dibagi ke orang" sambungnya. (Putri)

No comments:

Post a Comment