Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

KPI Adakan Seminar Dengan Tema Optimalisasi Media Penyiaran

KPI Adakan Seminar Dengan Tema Optimalisasi Media Penyiaran
Dokumentasi : Ella/Warta

Warta Journalizm-Kudus, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam mengadakan seminar pada Kamis, (06/07/2023) bertempat di Gedung Perpustakaan Lantai 4 IAIN Kudus. Acara ini diikuti oleh mahasiswa KPI.

Seminar ini dihadiri oleh Wakil Dekan I FDKI, Dr. Ahmad Zaini, Lc., M.S.I., Wakil Dekan II FDKI, Farida, M.S.I., dan dua pemateri yakni pimpinan Betanews.id, Suwoko, S.Pd., strategic content manager Solopos Media Group, Damar Sri Prakoso, S.S.. Dengan mengangkat tema "Manajemen Media Komunikasi Kreatif dan Produktif dalam Penyiaran," seminar ini membahas terkait perkembangan teknologi digital dan upaya mengoptimalkannya.

Wakil Dekan I FDKI, Dr. Ahmad Zaini, Lc., M.S.I. menyampaikan terkait pesatnya perkembangan media digital serta media sosial yang semakin banyak penggunanya.

"Setiap tahun selalu ada perkembangan-perkembangan terkait teknologi, maka dari itu kita harus mempunyai strategi agar tidak terjebak dalam arus media yang negatif," imbuhnya.

Sementara itu, pimpinan Betanews.id, Suwoko, S.Pd. menyampaikan terkait perkembangan teknologi harus dibarengi dengan kesiapan dan kecermatan oleh pengguna.

"Internet berdampak baik dan buruk tergantung penggunanya. Jika benar maka positif, jika salah akan negatif," terangnya.

Tak hanya itu, Suwoko juga menyampaikan bahwa sekarang ini tantangan kita adalah banjir informasi sehingga pengguna harus bijak dalam menggunakan media.

Strategic content manager Solopos Media Group, Damar Sri Prakoso, S.S. selaku pemateri kedua menyampaikan tiga hal yang harus dimiliki oleh seorang wartawan agar tidak terbawa arus informasi yang negatif.

"Wartawan harus mempunyai tiga kompetensi yakni knowledge (pengetahuan), skill (kemampuan), dan attitude (perilaku)," terangnya. (Ella)

No comments:

Post a Comment