Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Mahasiswa KKN IKMB 046 IAIN Kudus Turut Memeriahkan Kirab Budaya di Desa Gagaan, Kabupaten Blora

Mahasiswa KKN IKMB 046 IAIN Kudus Turut Memeriahkan Kirab Budaya di Desa Gagaan, Kabupaten Blora

 


Kelompok KKN IKMB 046 dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus ikut serta memeriahkan kirab budaya dalam rangka sedekah bumi yang digelar dengan meriah di Desa Gagaan, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora. Acara ini berlangsung pada Rabu, 30 Agustus 2023. Hal ini merupakan inisiatif dari kelompok KKN tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat setempat.

Kirab budaya merupakan tradisi tahunan yang bertujuan untuk memperingati HUT Republik Indonesia yang ke-78 serta menghormati leluhur dan budaya lokal yang sudah turun-temurun.

Kelompok KKN IKMB 046 yang terdiri dari tujuh belas mahasiswa ini berkolaborasi dengan warga setempat untuk memeriahkan kirab budaya tahun ini. Mereka ikut berpartisipasi dalam persiapan dan pelaksanaan acara dengan semangat gotong royong. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi antara mahasiswa KKN dan masyarakat lokal dapat menghasilkan dampak positif yang signifikan dalam memperkaya budaya dan meningkatkan kualitas hidup di daerah tersebut

Arakan kirab budaya ini melintasi jalan desa sambil menampilkan tarian dan musik tradisional yang menggambarkan kekayaan budaya lokal. Kegiatan ini juga menjadi ajang perkenalan antara mahasiswa dengan masyarakat Desa Gagaan.

"Kami merasa terhormat bisa menjadi bagian dari kirab budaya ini. Untuk selanjutnya kami akan berusaha memberikan kontribusi positif kepada masyarakat Desa Gagaan selama satu bulan kami berada di sini." Ungkap Ketua Kelompok KKN, Alimatul fitria,

Warga Desa Gagaan sangat mengapresiasi kontribusi Kelompok KKN IKMB 046. "Dengan adanya kedatangan tim mahasiswa KKN dari IAIN Kudus menambah antusias masyarakat dalam mengikuti kirab budaya sedekah bumi di desa gagaan." Pungkas Kepala Desa Gagaan, Sudarso.

No comments:

Post a Comment