Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Mahasiswa KKN IKMB 046 IAIN Kudus Adakan Pelatihan Meronce di SLB Budi Mulyo.

Mahasiswa KKN IKMB 046 IAIN Kudus Adakan Pelatihan Meronce di  SLB Budi Mulyo.


                                                                Mahasiswa KKN IKMB 046 bersama siswa-siswi SLB Budi Mulyo

Blora, 18 September 2023 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Ter-integrasi Kompetensi Beragama (KKN IKMB) IAIN Kudus mengadakan pelatihan meronce di SLB Budi Mulyo desa Gagaan, kecamatan Kunduran, kabupaten Blora.

Hal ini sesuai dengan harapan kepala sekolah SLB Budi Mulyo. "Disini hal yang paling kita harapkan anak didik kami bisa mandiri, agar nanti setelah anak-anak lulus, mereka bisa punya kemampuan untuk berkarya sesuai kemampuan yang mereka kuasai," ujarnya.

Pelatihan meronce dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sensorik dan motorik anak-anak SLB Budi Mulyo. Sebab sistem sensorik dan motorik akan saling berkaitan untuk meningkatkan dan melatih kecerdasan otak anak. Kemampuan sensorik dan motorik akan membantu perkembangan kognitif anak termasuk dalam hal berkomunikasi dan bersosialisasi. Hal ini dibuktikan adanya interaksi yang baik antara anak-anak dengan mahasiswa yang membimbing jalannya pembelajaran di SLB.

"Harapan dari pelatihan ini adalah untuk mengembangkan kreativitas, sekaligus bertujuan untuk meningkatkan sistem sensorik dan motorik anak." Tutur Mustofiyah Wulan salah satu anggota KKN IKMB 046 desa Gagaan, kecamatan Kunduran, kabupaten Blora.

Kegiatan meronce ini merupakan kegiatan belajar sembari bermain. Ini dibuktikan dengan antusiasme anak-anak SLB Budi Mulyo. Mereka bisa memilih membuat gelang ataupun cincin sesuai keinginan mereka. Tidak hanya murid perempuan, murid laki-laki pun turut bangga dengan hasil kerajinan yang mereka buat yang nantinya akan mereka berikan untuk ibu ataupun saudara perempuan mereka.

"Buat ibu." Tutup Rangga salah satu siswa SLB Budi Mulyo dengan bahasa isyarat.

No comments:

Post a Comment