Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Lebih Bijak Dalam Bermedia Sosial, Mahasiswa IAIN Kudus Turut Selenggarakan Penyuluhan Literasi Digital (UTS dan Pengabdian kepada Masyarakat, Public Speaking)

Lebih Bijak Dalam Bermedia Sosial, Mahasiswa IAIN Kudus Turut Selenggarakan Penyuluhan Literasi Digital (UTS dan Pengabdian kepada Masyarakat, Public Speaking)

 

foto pemateri bersama siwa-siswi SD 2 Ngembalrejo

Warta Journalizm, Kampus- Dalam upaya meningkatkan pemahaman literasi digital di kalangan siswa, Riza Aliyatul Muna, seorang mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam dari IAIN Kudus mengadakan penyuluhan yang bertema literasi digital. Kegiatan ini  berlangsung pada tanggal 21 Oktober 2023, mulai dari pukul 09.00 dan berakhir pukul 09.45 WIB  di SD 2 Ngembalrejo. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada siswa mengenai cara menggunakan media sosial dengan bijak. Menurutnya ada beberapa cara menggunakan media sosial dengan bijak yaitu selalu melindungi data pribadi, menggunakan bahasa yang sopan saat menggunakan media sosial dan tidak menyebarkan berita hoax.  

Riza juga menjelaskan adanya dampak positif dan dampak negatif dari penggunaan handphone secara berlebihan. Dalam satu hari, kita hanya boleh bermain handphone selama 1-2 jam saja agar dapat mengoptimalkan dampak positif dan menghindari dampak negatif.

Sepanjang kegiatan, siswa-siswi SD 2 Ngembalrejo kelas 4,5 dan, 6 memperhatikan materi secara seksama, dan mengikuti sampai akhir. Di akhir materi, Riza juga memberikan kuis dan hadiah bagi yang dapat menjawab kuis tersebut.

Penyuluhan literasi digital ini merupakan langkah proaktif dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan dan peluang di era digital. Diharapkan, pemahaman yang diperoleh dapat membawa dampak positif bagi siswa dalam menggunakan teknologi secara bijak dan aman.

 

No comments:

Post a Comment