Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Literasi Digital: Jejak Digital Positif bagi Pelajar Nahdlatul Ulama (UTS dan Pengabdian kepada Masyarakat, Public Speaking))

Literasi Digital: Jejak Digital Positif bagi Pelajar Nahdlatul Ulama (UTS dan Pengabdian kepada Masyarakat, Public Speaking))

 

 

Literasi digital menjadi aspek yang semakin penting dalam kehidupan kita saat ini. IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) Desa Jontro Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati mengadakan penyuluhan literasi digital pada hari Jum’at (19/10/23) di Musala Al Hidayah. Tujuan kegiatan ini untuk menyampaikan pemahaman kepada pelajar NU mengenai penggunaan teknologi digital secara aman dan bijak. Penyuluhan literasi digital dihadiri oleh IPPNU Desa Jontro. Kegiatan ini dipandu oleh Mahasiswi IAIN Kudus Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Nia Mir’atun Nisa’.

Dalam penyuluhan ini, Nia Mir’atun Nisa’ memberikan penjelasan mengenai pentingnya literasi digital dan jejak digital positif bagi pelajar NU.  Pentingnya literasi digital bagi pelajar NU diantaranya:

1.      Mampu menciptakan komunikasi yang efektif

2.      Penyebaran pesan agama adalah memberi pelajar NU alat untuk menyebarkan pesan agama dan nilai-nilai NU dengan lebih efektif melalui media sosial, situs web, dan platform daring lainnya. 

3.      Pengembangan komunitas dan jaringan dalam rangka memahami dan menyebarkan ajaran agama, literasi digital memungkinkan pelajar NU untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan anggota komunitas dari seluruh wilayah melalui internet. 

4.      Peningkatan produktivitas.

Selain itu pemanfaataan jejak digital positif bagi pelajar NU seperti mengembangkan konten positif, membuat konten atau video yang menarik. Storytelling menggunakan media sosial untuk menceritakan pengalaman anggota organisasi yang dapat menginspirasi orang lain. Sebagai bahan literasi dan merekap data.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada Pelajar NU, terkhususnya IPPNU Desa Jontro mengenai penggunaan teknologi digital dengan bijak dan aman. Diharapkan IPPNU Desa Jontro dapat mengaplikasikan pengetahauan yang didapat dalam kehidupan sehari-hari maupun oraganisasi NU. 

No comments:

Post a Comment