Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Membuka Wawasan dalam Bermedia, Mahasiswa KPI Beri Penyuluhan terkait Literasi Digital (UTS dan Pengabdian kepada Masyarakat)

Membuka Wawasan dalam Bermedia, Mahasiswa KPI Beri Penyuluhan terkait Literasi Digital (UTS dan Pengabdian kepada Masyarakat)

Warta Journalizm-Kudus, Mahasiswi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN Kudus mengadakan penyuluhan di MTs Islamic Center mengenai literasi digital yang bertujuan untuk membuka wawasan siswa tentang pentingnya literasi digital di era modern . pada Selasa, (24/10/2023). Acara ini diikuti oleh siswa kelas 7A yang berjumlah 23 siswa. Penyuluhan literasi digital ini merupakan bagian dari Upaya mahasiswi IAIN Kudus dalam memberikan pemahaman yang mendalam tentang dunia digital kepada siswa-siswi MTs tersebut. Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan dapat memahami dan mengelola informasi, serta berinteraksi dengan teknologi secara bijak. Kegiatan ini merupakan tugas untuk memenuhi mata kuliah Public Speaking yang diampu Primi Rohimi, S.Sos.,M.S.I.

Kegiatan ini dimulai dengan mahasiswi IAIN yaitu Merlinda, yang menyampaikan pentingnya literasi digital dalam era digital yang begitu berkembang pesat dan juga menekankan perlunya mengenali bahaya-bahaya yang mungkin muncul dalam dunia maya. Para siswa kemudian mendengarkan pemaparan dari seorang mahasiswi IAIN tersebut, yang memberikan wawasan tentang penggunaan internet yang aman, etika online, serta bagaimana mengenali informasi yang dapat dipercaya di dunia maya yang penuh dengan informasi palsu (hoaks).

Selain itu, siswa juga diajak untuk berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dan diskusi, di mana mereka dapat berbagi pengalaman dan pendapat tentang penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Siswa-siswa yang mengikuti acara ini juga diberikan materi tentang bagaimana memanfaatkan teknologi untuk kepentingan pendidikan, termasuk penggunaan sumber daya daring dan aplikasi pembelajaran yang bermanfaat. Merlinda seorang mahasiswi IAIN Kudus, berharap bahwa acara penyuluhan literasi digital ini akan membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjalani kehidupan di era digital dengan bijak dan bertanggung jawab. Ia juga berharap kegiatan ini dapat memberikan ilmu pengetahuan yang luas kepada siswa siswi MTs Islamic Center.

No comments:

Post a Comment