Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Penyuluhan Literasi Digital di MI Roudlotul Wildan (UTS dan Pengabdian kepada Masyarakat, Public Speaking)

Penyuluhan Literasi Digital di MI Roudlotul Wildan (UTS dan Pengabdian kepada Masyarakat, Public Speaking)

 


Warta journalizm, Kampus- Diera Globalisasi yang semakin maju dan berkembang ini juga memengaruhi adanya teknologi yang berkembang semakin pesat. Maka dari itu diperlukanya adanya penyuluhan tentang literasi digital ini khususnya bagi siswa-siswi MI Roudlotul Wildan agar siswa-siswi tidak salah menggunakan teknologi pada zaman sekarang ini, karena di zaman sekarang ini sangat banyak yang salah menggunakan teknologi atau malah kecanduan bermain hp akhirnya mengganggu kegiatan sehari-hari terutama sekolah. Pada hari Senin (23/10/23) di MI Roudlotul Wildan mengadakan penyuluhan digital untuk bertujuan memberi pengertian tentang penggunaan literasi digital agar siswa-siswi bisa bijak dalam penggunaan teknologi. Penyuluhan literasi digital ini dihadiri oleh siswa-siswi kelas enam Roudlotul Wildan. Penyuluhan ini di pandu oleh Mahasiswa IAIN kudus prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Sarah Sangadah.

Dalam penyuluhan ini Sarah Sangadah membahas tentang pentingnya literasi digital bagi pelajar. Literasi adalah kemampuan untuk menggunakan bahasa, dan gambar dalam membaca dan mengelola informasi berkaitan dengan media sosial. Sedangkan digital adalah segala bentuk kata, gambar, vidio dan segala aplikasi yang ada di hp dan komputer. Literasi digital yang berkembang dizaman sekarang memudahkan pelajar untuk belajar dan mempelajari salah satu manfaat digital untung mengakses informasi dan berita berita terkini dan juga mencari informasi edukatif terbaru apa lagi diera sekarang yang semakin berkembang teknologi semakin canggih dan lebih gampang mengakses informasi dari luar.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan siswa siswi dalam penggunaan media sosial:

  1. Bisa mengatur Waktu untuk bermain hp dan belajar
  2. Memilih dan memilah akses yang masuk dalam media sosial
  3. Gunakan Hp untuk keperluan sekolah
  4. Izin terlebih dahulu kepada orang tua untuk mengakses
  5. Bijak dalam menggunkan media sosial dan lebih teliti mana yang baik dan buruk

Dari sini dapat disimpulkan bahwa teknologi penting bagi kehidupan sosial maupun pelajar tetapi dalam penggunaanya harus bijak dan juga perlu adanya dampingan orang tua dalam penggunaan teknologi karena sering kali anak-anak belum tau mana yang positif dan negatif maka dari itu peran keluarga sangat penting bagi anak anak atau pelajar. Kegiyatan ini semoga bisa bermanfaat bagi siswa-siswi MI Roudlotul Wildan agar bisa bijak dalam penggunaan media sosial.

 

No comments:

Post a Comment