Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Penyuluhan Mengenal Literasi Digital : Awas Bahaya Dunia Maya Kepada PR. IPNU IPPNU Blimbingrejo (UTS dan Pengabdian kepada Masyarakat, Public Speakin)

Penyuluhan Mengenal Literasi Digital : Awas Bahaya Dunia Maya Kepada PR. IPNU IPPNU Blimbingrejo (UTS dan Pengabdian kepada Masyarakat, Public Speakin)



Warta Journalizm-Kudus, Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Institut Agama Islam Negeri Kudus pada Sabtu, 21/10/2023 mengadakan penyuluhan di acara rutitan PR. IPNU IPPNU Blimbingrejo. Acara tersebut sebenarnya adalah acara nariyahan yang diselipi dengan penyuluhan yang bertema “Mengenal Literasi Digital: Awas Bahaya Dunia Maya” . Adapun pesertanya menyasar kepada IPNU IPPNU blimbingrejo.

Acara dimulai dengan pembacaan asmaul husna oleh rekanita Reni terus dilanjut dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh rekan Sholikhin selaku ketua IPNU yang dilanjut dengan pembacaan sholawat nariyah. Setelah itu dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars IPNU IPPNU dan Mars Syubbanul Wathon yang di pimpin oleh rekan Lukman.

Selanjutnya penyampaian materi oleh Wulan Ramadlani, Mahasiswi KPI dengan tema “Mengenal Literasi Digital: Awas Bahaya Dunia Maya”. Pada pemaparan materi dijelaskan tentang pengertian literasi digital yaitu suatu pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam media digital seperti alat komunikasi dan jaringan internet. Kecakapan pengguna mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya.

Selain itu juga memaparkan tentang risiko-risiko dalam dunia maya yang sangat berbahaya untuk pengguna digital. Sekarang ini, banyak kaum milenial yang menggunakan media digital seperti IPNU IPPNU di desa Blimbingrejo ini. Mereka sangat aktif dalam bermedia sehingga mereka harus mengetahui risiko-risiko yang ada didunia maya ini. Dan mereka tidak akan mudah dengan adanya tipudaya dunia maya karena dapat memahami masalah-masalah yang ada di duniamaya.

Dalam kegiatan penyuluhan ini, dilaksanakan secara offline dan bertempatan di mushola Al Hidayah yang merupakan salah satu mushola di desa Blimbingrejo. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, IPNU IPPNU Blimbingrejo sangat aktif, mereka mengajukan pertanyaan sesuai dengan tema yang dibahas, sehingga acara ini berlangsung secara interaktif dan lancar. Hasil dari kegiatan penyuluhan ini, semua peserta menyatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan mereka akan memahami informasi yang diterima dengan cermat dan bijak.

No comments:

Post a Comment