Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Gali Wawasan terkait Praktek Penelitian, Mahasiswa D3KPI Adakan Kunjungan ke Bappeda Kudus

Gali Wawasan terkait Praktek Penelitian, Mahasiswa D3KPI Adakan Kunjungan ke Bappeda Kudus

Warta Journalizm-Kudus, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Yuliana Dewi Rahmawati, menerima kunjungan Mahasiswa Kelas D3 komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Kudus di ruang Pertemuan lantai 1 Gedung B, lingkungan Kantor Bupati Kudus) pada Rabu, (15/11/2023). 

Dalam kunjungan ini, Mahasiswa Kelas D3 KPI dengan didampingi Dosen Metodologi Penelitian Primi Rohimi, S. Sos., M. S. I. mengunjungi Badan Pembangunan dan Perencanaan Daerah untuk melakukan silaturahmi serta pembelajaran terkait Metodologi Penelitian yang digunakan pada bagian penelitian dan pengembangan (LITBANG).

Dalam kunjungan tersebut, terbagi dalam dua sesi penjelasan, sesi pertama disampaikan oleh sekretaris BAPPEDA, Arif Suwanto dan sesi kedua dijelaskan oleh kepala bidang LITBANG, Amalia. Arif menjelaskan tugas utama dari BAPPEDA.

"membantu bupati dalam melaksanakan fungsi penunjang urusan pemerintahan dibidang perencanaan, penelitian dan pengembangan yang menjadi kewenangan daerah," imbuhnya. 

Arif juga menjelaskan bahwa dalam menyusun perencanaan daerah itu dibagi menjadi tiga periode yaitu jangka panjang 20 tahun, jangka menengah 5 tahun dan tingkat daerah dilakukan pertahun. Jadi sebelum perencanaan tersebut habis 2 tahun sebelumnya harus membuat perencanaan selama jangka waktu yang ditentukan habis.

Pada sesi kedua Amalia menjelaskan mengenai metode yang digunakan untuk meneliti.

"Di Kabupaten Kudus, kami menggunakan dua metode penelitian yaitu kualitatif, dan kuantitatif. Dengan data yang diambil dari (badan Pusat statistik) BPS yang bekerja sama dengan kominfo, " jelasnya. 

Amalia juga mempromosikan bagaimana BAPEDDA membuka kesempatan bagi Mahasiswa Kelas D3 KPI IAIN Kudus untuk melakukan kegiatan magang dan mengikuti lomba kreativitas dan inovasi. 

"Hasil penelitian dari LITBANG diantaranya mengenai pandemi tahun 2021, difabel tahun 2022." Ujar Amalia menjelaskan jurnal tentang apa yang sudah diterbitkan di bagai LITBANG. 

Kunjungan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh Mahasiswa dan Mahasiswi kepada sekretaris dan kepala Bagian LITBANG tentang berbagai topik mengenai penjelasan diatas, serta dokumentasi dan pemberian cinderamata oleh kedua belah pihak.

No comments:

Post a Comment