Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Literasi Digital Di Era Milenial (UTS dan Pengabdian kepada Masyarakat, Public Speaking)

Literasi Digital Di Era Milenial (UTS dan Pengabdian kepada Masyarakat, Public Speaking)

 


Zaman sekarang ini semakin berkembangnya zaman dan berkembanya teknologi juga maka dari itu banyak media-media baru bermunculan yaitu media sosial, banyak milenial zaman sekarang yang mempunyai media sosial untuk berkomunikasi atau mencari informasi informasi terkini melakukan penyuluhan tentang literasi digital. Pada hari Jumat (20/10/2023) di MTs Ma’arif NU 01 Jeruklegi Cilacap mengadakan penyuluhan ini untuk bertujuan memberi edukasi tentang literasi digital yang semakin canggih dan berkembang diera zaman sekarang ini terutama dikalangan milenial yang banyak remaja terkadang salah menggunakan media sosial untuk hal yang kurang baik maka dari itu penyuluhan ini bertujuan untuk memberi informasi terkai tentang literasi digital. Penyuluhan terkait literasi digital ini dihadiri oleh siswa-siswi MTs Ma’arif NU 01 Jeruklegi Cilacap yang dipandu oleh Mahasiswa IAIN Kudus Prodi Komunikasi Dan Penyiaran Islam Sari Sa’adiah.

Dalam penyuluhan ini Sari Sa’adiah membahas tentang Literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya. Literasi digital merupakan suatu bentuk kemampuan untuk mendapatkan, memahami dan menggunakan informasi yang berasal dari berbagai sumber dalam bentuk digital. Literasi ini sendiri dalam konteks pendidikan berperan dalam mengembangkan pengetahuan seseorang pada materi pelajaran tertentu serta mendorong rasa ingin tahu dan mengembangkan kreativitas yang dimiliki. Literasi digital juga sangat diperlukan untuk mengatasi masalah ledakan informasi yang terus meningkat di dalam sumber digital.

Menurut UNESCO, literasi merupakan kemampuan dalam mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, menciptakan, berkomunikasi, menghitung dan menggunakan bahan cetak serta tulisan dalam kaitannya dengan berbagai pencapaian tujuan dalam mengembangkan pengetahuan serta potensi mereka, dan untuk berpartisipasi secara penuh dalam komunitas mereka serta masyarakat Literasi digital dapat diartikan sebagai kemampuan individu untuk menerapkan keterampilan fungsional pada perangkat digital sehingga ia dapat menemukan dan memilih informasi, berpikir kritis, berkreasi, berkolaborasi bersama orang lain, berkomunikasi secara efektif, dan tetap menghiraukan keamanan elektronik serta konteks sosial-budaya yang berkembang.

No comments:

Post a Comment