Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Tak Hanya Melayani Konsultasi Mahasiswa, KPT Insight Juga Melayani Konsultasi Masyarakat di Luar Kampus

Tak Hanya Melayani Konsultasi Mahasiswa, KPT Insight Juga Melayani Konsultasi Masyarakat di Luar Kampus

 

Keterangan: foto bersama narasumber seusai wawancara

Warta Journalism, Kudus-Mahasiswa KPI (Komunikasi Penyiaran Islam) IAIN Kudus melakukan kunjungan Kamis (9/11/2023), di salah satu unit pelayanan psikologi di Kudus tepatnya, di Kajian Psikologi Terapan (KPT) Insight yang merupakan lembaga layanan psikologi yang berada dibawah naungan Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus.

Rizka Alayna, Staf Laboran, menjelaskan bahwa KPT ada di semua lingkup dimana manusia membutuhkan layanan psikologi, misalnya di industri, pendidikan, maupun sosial. Lingkup kerja KPT tidak terbatas hanya di dalam kampus saja, namun juga sampai di luar kampus.

“Salah satu kebutuhan masyarakat misalnya tes IQ yang dibutuhkan untuk salah satu syarat mendaftar di sekolah. Atau misalnya ada seorang anak SMA yang belum ada gambaran akan kuliah dimana, itu bisa mengambil tes minat bakat untuk mengetahui minat dan potensinya itu dimana, yang kemudian nanti bisa membantu dia untuk menentukan jurusan,” terang Rizka Alayna.

Lembaga KPT ini tidak serta merta mengadakan tes atau pelatihan dengan kehendak mereka sendiri, KPT bekerja sesuai dengan permintaan dan kebutuhan masyarakat, mereka baru melakukan tes atau pelatihan ketika ada permintaan.

“Sebelum membuat pelatihan itu KPT membuat TNA (Training Need Analysis) dulu, jadi untuk menganalisis sebenarnya kebutuhannya itu apa,” jelas Rizka.

Rizka menjelaskan, bahwa KPT dalam kegiatannya melibatkan langsung para psikolog ahli dan asisten psikolog yang sudah terlatih.

“Untuk membuat HPP (Hasil Pemeriksaan Psikologis) tentunya dipegang oleh psikolog, untuk konsultasi tentunya kepada psikolog. Jadi mahasiswa dilibatkan, tetapi memang terbatas,” pungkas Rizka. (Iffa)

No comments:

Post a Comment