Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Pesan Dakwah Pada Iklan Wardah : Beauty Moves You Bagi Perempuan Muslimah


Warta Journalizm, Kudus - Komodifikasi agama saat ini menjadi topik penting yang banyak diperbincangkan di khalayak umum khususnya media sosial. Banyak di media sosial digunakan untuk promosi, membuat podcast, mengirim infomasi, memberikan informasi, mencari pesan dakwah, dan yang lain sebagainya. Sebagai manusia, tentunya kita mempunyai peran penting dalam menggunakan media sosial saat ini karena canggihnya teknologi dan meluasnya gen Z membuat mata semakin terbuka untuk melihat apa yang terjadi saat ini. Banyak iklan di media seperti Televisi, Sosial media seperti YouTube, TikTok, Instagram, Twitter, dan Facebook banyak terdapat iklan.

Iklan adalah segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar (Kotler, 2005). Advertising adalah salah satu alat promosi, biasanya digunakan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat dimana bentuk penyajian iklan ini bersifat non-personal (Djaslim Saladin, 2002). Karakteristik iklan yaitu: pesan bersifat verbal yang dapat didengar ataupun visual,  sponsor dapat diidentifikasi, diluncurkan melalui satu atau beberapa media, dan sponsor membayar media yang menampilkan iklan tersebut. Iklan adalah bagian dari promosi. Untuk melakukan promosi, perusahaan harus merancang atau mendesain pesan-pesan menjadi efektif. Idealnya, pesan harus mendapat perhatian (Attention), mempertahankan minat (Interest), membangkitkan hasrat (Desire), dan meraih tindakan (Action). Kerangka kerja dikenal sebagai model AIDA. Banyak dari yang kita temukan bahwa hanya sedikit pesan yang membawa konsumen dari kesadaran sampai pembelian, tetapi kerangka kerja AIDA menyarankan kualitas pesan baik yang diinginkan (Kotler dan Armstrong, 2008).

Dakwah dalam ilmu komunikasi merupakan suatu bentuk kegiatan yang mempunyai ciri khas tersendiri. Didalamnya terkandung pesan  berupa nasehat dan seruan kepada al-Khair, Amal Marouf, Nahi Munkar, atau pesan untuk melaksanakan kebaikan dan pedoman, pesan untuk mencegah keburukan, dan pesan untuk ciptaan Tuhan. Harga diri manusia. No 1 di dunia. Isi risalah tersebut berasal dari wahyu Ilahi pada tahun  yang  menunjukkan bahwa dakwah merupakan fenomena keagamaan yang menjadi pokok kajian Islam. Lebih lanjut dalam penelitian komunikasi, tidak semua komunikasi adalah dakwah, namun dakwah adalah komunikasi. Namun, segala jenis komunikasi yang menekankan kebaikan  dan politik serta mencegah keburukan dapat disebut dakwah. Komunikasi yang mengedepankan kebenaran, kesusilaan, dan keadilan, atau  yang selalu mengacu pada etika, moralitas, dan agama, dapat dianggap berlaku secara universal menurut hati nurani dan  fitrah manusia.

Iklan selalu merepresentasikan budaya tersendiri, salah satunya seringkali menyampaikan ideologi budaya mengenai keindahan. Wanita selalu dianggap  cantik dengan kulit  putih, sosok ideal, mata  besar, kaki panjang atau tinggi, rambut panjang, dan perut rata. Wajah cantik sangatlah berharga, sehingga banyak wanita yang rela melakukan apapun demi mempercantik tubuhnya. Hal ini berkaitan dengan fakta bahwa wanita yang cantik  dan bertubuh ideal dihargai lebih tinggi. Salah satu iklan kecantikan yang tayang di YouTube adalah iklan Wardah. Wardah merupakan produk kosmetik yang berasal dari Indonesia.

Iklan Wardah awalnya merepresentasikan keindahan sebagai bagian dari  budaya patriarki. Kecantikan seorang wanita terlihat ketika ia memiliki ekspresi dan sikap yang feminim. Wardah sebagai produk kosmetik Islami memasukkan  nilai agama  Islam dalam iklannya, namun tidak terbatas pada pakaian Islami saja. Islam memiliki nilai-nilai patriarki yang  sangat kuat, serta adanya batasan antara perempuan dan laki-laki, mulai dari nilai pekerjaan hingga penampilan. Ini pertama kalinya iklan Warda muncul di media TV dan ditonton sebanyak  kali. Keindahan yang ditampilkan tidak hanya terlihat pada tampilan busana islami saja, namun juga pada makna tersembunyi di balik tampilan . Wanita selalu ingin tampil cantik karena kata cantik identik dengan wanita dan mayoritas wanita selalu ingin tampil cantik. Wanita identik dengan kecantikan. Kecantikan wanita dapat dibangun dan dikembangkan dengan riasan wajah/kosmetik. Tata rias/kosmetik memungkinkan perempuan tampil lebih atraktif dan anggun.

“Beauty Moves You” merupakan kampanye yang diluncurkan Wardah Indonesia untuk mengenalkan perempuan pada sisi baru kecantikan, dengan mengedepankan nilai-nilai modern, progresif,  sederhana, bermanfaat, dan berani. Sebagai kekuatan perubahan dan keindahan, perempuan dimaknai sebagai setiap langkah yang  dapat membawa dampak dan manfaat bagi lingkungan, sesama, dan dunia. Dalam membangun ekosistem inovatif di industri kecantikan, Wardah berupaya menciptakan inovasi produk yang memenuhi standar internasional.

Mengangkat konsep Halal Green Beauty Innovation, Wardah Indonesia meluncurkan  rangkaian produk kecantikan yang bebas dari kekejaman dan memiliki proses berkelanjutan yang menjamin tidak adanya bahan berbahaya bagi konsumen. Tentunya hal ini juga sejalan dengan cita-cita Wardah sebagai pionir gaya hidup Halal melalui produk kecantikan  berkualitas. Hal ini  sejalan dengan tujuan pemerintah agar Indonesia menjadi anggota pasar global bagi pengembangan industri halal. Wardah terus mendorong perubahan baik bagi konsumen maupun masyarakat umum, dan inovasi adalah prinsip inti Wardah untuk menciptakan perubahan berkelanjutan menjadi lebih baik. Dalam menghadirkan inovasi produk, Wardah memiliki kekuatan tim R&D dan teknologi, serta jaringan kolaborasi dengan para ahli global. Wardah berkolaborasi dalam penelitian dan pengembangan dermatologi dengan konsultan global di Amerika Serikat, Australia, Perancis, Thailand, India, dan india.

Produk Wardah dibuat menggunakan bahan baku terbaik dari seluruh dunia, dan seluruh produk Wardah telah lulus uji keamanan  dan klinis yang dilakukan sesuai dengan standar internasional. Selain itu, Warda bekerja sama dengan petani lokal untuk mendukung penggunaan bahan baku lokal seperti ekstrak lidah buaya, teh hijau, licorice, mentimun, rumput laut, madu, dan berbagai bahan  Indonesia berkualitas dunia lainnya. Kolaborasi dengan pakar lokal dan global Warda berkolaborasi dengan lebih dari 300 pakar dan peneliti kecantikan dari 25 negara, lebih dari 200 inovator muda Indonesia dalam pengembangan produk, dan lebih dari 45.000 konsultan kecantikan, saya sudah melakukannya.

Secara berkesinambungan berindustri, Wardah melakukan penelitian dan pengembangan serta menjalin kerja sama dengan pemasok bahan baku di seluruh dunia untuk menghasilkan produk terbaik dan optimal bagi konsumen. Dalam membangun industri kecantikan halal Indonesia, Wardah menerapkan standar tinggi dengan fokus pada penelitian, inovasi, dan kemajuan teknologi. Setiap produk dirancang untuk membantu perempuan Indonesia  mengekspresikan diri dan berani melangkah ke dunia luar.

Opening Iklan Wardah Beauty Moves You yang ditampilkan dalam teks Wardah Presents dibuka dengan seorang wanita berdiri di atas batu sambil tersenyum menikmati pemandangan pepohonan rindang dan air terjun yang mengalir. Wanita berkulit zaitun dan rambut keriting mengenakan jumpsuit kuning dengan syal pirus yang serasi dengan warna logo Wardah. Keindahan alam seperti pepohonan dan air terjun tergambar di sini, menunjukkan bahwa wanita memiliki kecantikan alami. Lagi-lagi, seorang wanita berkulit zaitun dan berambut keriting  berdiri di atas batu dengan senyuman dan riasan minim, mewakili kecantikan alami seorang wanita. Adegan ini menampilkan seorang wanita yang memiliki kecenderungan artistik dan senang menjelajahi alam. Seorang wanita dengan jiwa artistik senang menjelajahi alam. Dalam hal ini produk Wardah diasosiasikan sebagai produk alam yang bernilai seni tinggi.

Pada Scene Cantikmu Menggerakkan Perubahan ini menampilan enam kamera merekam wanita itu saat dia berbicara dan menjelaskan sesuatu. Jika dilihat dari latar belakang wanita tersebut, terlihat bahwa dia berada di tempat dimana dia membuat kerajinan tangan. Wanita itu berpakaian biru dan mengenakan jilbab berwarna merah muda. Dewi Sandra yang berperan sebagai brand Ambassador Warda berbicara dan menjelaskan kepada enam kamera bahwa kecantikan memberikan kepercayaan diri pada wanita. Namun, dengan munculnya teks “Kecantikan Anda mendorong perubahan” persepsi bahwa kecantikan harus mampu mendorong perubahan lingkungan telah berubah. Dewi Sandra mengenakan pakaian berwarna biru. Dari sudut pandang psikologis, warna biru melambangkan tanggung jawab dan kepercayaan, tetapi juga melambangkan kepercayaan diri dan rasa aman. Selain itu, warna biru menjadi warna khas Wardah. Di sisi lain, warna hijab pink mengekspresikan feminitas. Kecantikan memberikan kepercayaan diri.

Selanjutnya, pada scene Cantikmu Menggerakkan Sesama, ada seorang wanita berpenampilan rapi dan berhijab berdiri di depan layar yang menampilkan gambar orang-orang seolah sedang menghadiri webinar. Yang dimaksud dengan wanita berpakaian bagus berhijab berdiri di depan layar yang menampilkan gambar orang-orang seolah-olah sedang dalam webinar. Wanita ini menampilkannya sebagai pembicara atau moderator webinar. Pandemi virus corona telah membuat seminar  online menjadi populer. Wanita itu berpakaian putih dan berhijab biru. Warna putih berarti kebersihan dan warna biru menandakan ciri khas Wardah. Sangat menyenangkan bisa mempengaruhi orang lain demi kebaikan dunia.

Pada scene Cantikmu Menggerakkan Masa Depan ini ada seorang wanita dan anak-anak  berada di pantai. Wanita itu sepertinya sedang menunjukkan sesuatu kepada anak-anak. Hal ini menunjukkan bahwa wanita juga bisa memberikan pendidikan. Hal ini juga berkaitan dengan kalimat yang muncul pada adegan tersebut, yang mengatakan bahwa kecantikan Anda akan mempengaruhi masa depan Anda. Wanita tersebut terlihat memiliki rambut keriting dan berkulit zaitun. Hal ini menunjukkan bahwa Wardah ingin menunjukkan bahwa wanita tidak harus selalu memiliki rambut lurus dan kulit putih. Wanita cantik peduli dengan masa depan dan mengedepankan perilaku ramah lingkungan. Selain itu, wanita dalam adegan ini tidak takut kulitnya terkena sinar matahari yang dapat membakar dan menggelapkan kulitnya. Pasalnya, ia menggunakan produk Wardah yang menggunakan bahan-bahan alami.

Seorang wanita adalah model dalam peragaan busana. Wanita itu mengenakan pakaian berwarna coklat dan celana biru. Jelas juga bahwa perempuan tersebut memiliki disabilitas, karena kaki lainnya adalah kaki palsu. Di sekelilingnya terdapat penonton yang hadir secara langsung dan online. Penonton juga terlihat menonton dengan senyum di wajah mereka. Perempuan penyandang disabilitas yang menjadi model dalam peragaan busana tampil percaya diri meski memiliki kekurangan, terbukti dari cara  berjalan  dan raut wajah. Selain itu, kecantikan yang didapat dari penggunaan produk Wardah meningkatkan rasa percaya diri wanita dan memungkinkan kecantikan tersebut menginspirasi perubahan. Penonton peragaan busana pun turut tersenyum bangga. Penyandang disabilitas seringkali merasa  tidak aman dan dipandang rendah oleh masyarakat. Dan kecantikan yang terpancar dari penggunaan produk Wardah memberikan rasa percaya diri bagi para wanita. Iklan Wardah merupakan produk kosmetik yang bertujuan untuk merebut pangsa pasar konsumen muslimah  dengan mengedepankan  kosmetik  halal. Hal ini dibuktikan dengan beberapa iklan Wardah yang menampilkan wanita berhijab dan digunakannya Dewi Sandra sebagai brand duta Wardah. Namun, dengan terus menggunakan konsep kosmetik halal, Wardah berharap dapat mengubah pangsa pasarnya di kalangan wanita Muslim dan non-Muslim seiring berjalannya waktu. Hal ini terlihat saat Wardah mulai menggunakan model  tidak berhijab.

Kecenderungan memaknai wanita cantik terlihat pada adegan iklan Wardah versi Beauty Moves You. Menurut persepsi banyak orang, wanita cantik harus memiliki rambut lurus dan kulit putih. Namun iklan Wardah menampilkan keindahan alam tanpa menyesuaikan persepsi masyarakat. Ini menunjukkan  seorang wanita berdiri di atas batu. Wanita itu memiliki rambut keriting dan kulit zaitun. Wanita tampil cantik dengan riasan natural. Kecantikan menjadikan wanita sebagai pusat perhatian, namun  iklan Beauty Moves You dari Wardah bertujuan untuk menunjukkan bahwa menjadi pusat perhatian lebih dari sekedar menjadi cantik. Hal itu terlihat dari kalimat “Kecantikanmu menginspirasi perubahan” di salah satu adegan iklan. Artinya, lebih dari sekedar cantik, perempuan memerlukan kemampuan untuk berubah, berinovasi, dan peduli. Selain itu, hal yang sama juga berlaku ketika perempuan tampil sebagai pembicara atau moderator dalam seminar. Saya terlihat percaya diri ketika mengenakan pakaian yang pantas. Adegan ini diberi judul, "Kecantikanmu menggerakkan orang lain. Sebab, sebagai seorang wanita, Anda tidak hanya harus cantik, tapi juga bisa membuat orang lain terkesan. Sebagai seorang wanita, Anda tidak hanya harus cantik, tapi juga bisa memberikan pendidikan dan mempengaruhi orang lain. Hal ini juga berkaitan dengan teks “Kecantikan Anda Menggerakkan Masa Depan” di salah satu adegan iklan Wardah. Sebagai perempuan, kita harus bisa memberikan sesuatu untuk memperbaiki masa depan masyarakat kita (Rahakbaw, 2018)

Iklan Wardah juga menampilkan perempuan penyandang disabilitas. Perempuan difabel yang muncul dalam iklan Warda adalah seorang model dalam sebuah peragaan busana. Penyandang disabilitas, khususnya perempuan, terus menerus mengalami diskriminasi yang terlihat di berbagai  ruang publik seperti fasilitas umum yang tidak representatif, pendidikan, kesehatan, bahkan lapangan kerja yang tidak menguntungkan perempuan  penyandang disabilitas. Situasi ini berarti perempuan penyandang disabilitas terus-menerus didiskriminasi dan dianggap sebagai warga kelas dua. Namun, perempuan penyandang disabilitas dalam iklan Wardah tampak sangat percaya diri meski memiliki kekurangan, karena ia biasanya merasa tidak aman karena disabilitas fisik yang dimilikinya. Namun, itu terlihat dari cara dia berjalan sekarang, dan dia memiliki ekspresi  tegas yang tidak menunjukkan kekurangan apapun, dan dia  tidak membiarkan kekurangannya menghalangi. Kepercayaan diri membuat kecantikan Anda bersinar. Rasa percaya diri merupakan sikap positif seseorang yang mampu membangun evaluasi positif baik terhadap dirinya maupun  lingkungan serta situasi yang dihadapinya (Mirhan, 2016)

Makna kecantikan  dalam iklan Wardah Beauty Moves You adalah  kecantikan seorang wanita tidak harus berupa kulit putih, rambut lurus, atau bentuk tubuh ideal, melainkan apa yang sudah dimilikinya. Selain itu, perempuan tidak hanya harus cantik tetapi juga  mampu mendorong perubahan  lingkungan  sesuai dengan slogan iklan Wardah Beauty Moves You. Kecantikan seorang wanita juga tercermin dari kemampuannya dalam memikirkan betapa dinamis, progresif, aktif, dan mandirinya seorang wanita. Wardah juga ingin menunjukkan bahwa pentingnya kecantikan seorang wanita disampaikan melalui rasa percaya diri. Inilah sikap  positif seseorang yang merasa mampu  mengembangkan penilaian positif. Lalu muncullah seorang perempuan penyandang disabilitas, dan Wardah membuat  terobosan baru. Tujuannya untuk mempertegas citra Wardah sebagai perempuan kuat, mandiri, dan percaya diri. Sehingga perempuan bisa menyerap pesan-pesan positif tanpa bergantung pada orang disekitarnya.

Iklan-iklan tersebut pada dasarnya mubah (boleh) dan tidak mengandung berbagai  propaganda yang melanggar hukum syariah, moralitas, nilai-nilai dan etika Islam. Kedua, pengiklan mempunyai kewajiban untuk bertindak jujur ​​dan dapat dipercaya ketika mengiklankan produk dan jasa yang mereka tawarkan dan tidak boleh memberikan kesan yang salah kepada  konsumen tentang produk dan jasa yang diiklankan dan dilarang menyebarkan iklan yang mengandung unsur penipuan atau penipuan. Iklan yang ditampilkan tidak bermaksud untuk mendiskreditkan pedagang  lain sehingga menimbulkan kerugian. Selain itu, Anda tidak boleh dengan sengaja atau sengaja menyalin merek dagang atau logo untuk menipu konsumen. Terakhir, pastikan iklan Anda berjalan pada transaksi  yang memenuhi syarat akad Ijarah, seperti mengetahui nilai transaksi Ijarah, jangka waktu akad yang disepakati kedua belah pihak yang bertransaksi, dan di mana transaksi Ijarah akan dilakukan. Peristiwa yang benar-benar terjadi dapat dimanfaatkan dan diserahkan, membebaskan Anda dari ketidakpastian dan kegelapan (Kamaluddin, 2017). Oleh : Tsania Mishbahun Naila (A3KPI)

 

 

No comments:

Post a Comment