Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

LATIH KREATIVITAS, MAHASISWA KPI PRAKTIK PRODUKSI PROGRAM SIARAN ACARA RADIO

LATIH KREATIVITAS, MAHASISWA KPI PRAKTIK PRODUKSI PROGRAM SIARAN ACARA RADIO

Kudus Warta Journalizm – Mahasiswa Kelas C6KPI, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus telah melaksanakan kegiatan praktik produksi program siaran radio, Selasa (26/03/2024)

Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap mulai dari tahap penyusunan proposal hingga gladi bersih kemudian dilanjutkan dengan tahap produksi rekaman program siaran radio yang bertempat di Gedung Integrated Laboratorium Kampus Timur IAIN Kudus, Laboratorium Mini Podcast.

Produksi radio ini dilaksanakan secara berkelompok guna memenuhi tugas Ujian Tengah Semester (UTS 2024/2025) mata kuliah Produksi Program Televisi dan Radio yang diampu oleh dosen Ihya Nur Syamsiani, M.A.

Gambar anggota kelompok 1 produksi program siaran radio

Selain guna memenuhi penugasan kuliah, mata kuliah Produksi Program Televisi dan Radio juga bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai tahapan serta konsep-konsep bagaimana memproduksi program televisi dan radio.

Dosen pengampu, Ihya Nur Syamsiani berharap dengan adanya fasilitas yang telah disediakan oleh kampus dapat digunakan dengan sebaik mungkin sebagai sarana berlatih mahasiswa.

 “Jadi, melalui mata kuliah ini kalian akan dilatih untuk menjadi bagian-bagian pada produksi program televisi dan radio secara profesional. Oleh karena itu, diharapkan mahasiswa KPI ini dapat betul-betul menggunakan fasilitas laboratorium yang sudah disiapkan oleh pihak kampus,” ungkap bu Ihya sembari memberikan semangat kepada mahasiswanya.

Kendala yang dialami selama pelaksanaan siaran radio, host merasa kesulitan diawal untuk melancarkan suara sesuai dengan program ”Mencekam”, yaitu program yang menyajikan cerita-cerita horor yang dikirim melalui email sahabat mencekam yang menarik untuk disiarkan pada setiap malam Jumat pukul 22.00 WIB.

Seiring berjalannya waktu dengan beberapa masukan teman-teman, host pun mulai membenahi secara perlahan dan pasti.

”Ya maklum, banyak take berulang-ulang tapi alhamdulillah selesai dan berjalan dengan lancar,” ujar Faruq selaku host Produksi Program Siaran Radio Kelompok 1.

No comments:

Post a Comment