Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Miliki Studio Baru, KPI IAIN Kudus Optimis Cetak Mahasiswa Unggul

Miliki Studio Baru, KPI IAIN Kudus Optimis Cetak Mahasiswa Unggul

Warta Journalizm - Kudus, 27 April 2024 Guna meningkatkan kredibilitas dan kemampuan mahasiswa, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus menghadirkan studio baru dengan fasilitas yang lebih lengkap. Studio baru tersebut berlokasi di Gedung Laboratorium Terpadu IAIN Kudus lantai tiga yang baru diresmikan bulan lalu. 


Ihya Nur Syamsiani selaku Dosen KPI IAIN Kudus mengatakan bahwa kehadiran studio baru menjadi angin segar bagi mahasiswa. Ditambah fasilitas yang lengkap akan mempermudahkan dalam melakukan praktik seperti produksi podcast, Televisi, Radio, Fotografi, dan sinematografi. 

Gambar anggota kelompok 2 produksi siaran radio

Lebih lanjutnya, Ihya (sapaan akrabnya) berharap mahasiswa bisa lebih tekun dalam belajar, khususnya terkait ilmu kepenyiaran. Sehingga nantinya mahasiswa setelah lulus tidak akan canggung ketika bekerja di bidang penyiaran, terlebih mereka sudah terbiasa dengan alat-alat produksi.


"Tentu saja sebagai fasilitas untuk mahasiswa, sehingga bisa merasakan praktik siaran layaknya di studio atau siaran di stasiun televisi," ucapnya saat ditemui di Laboratorium pada Sabtu (27/04/2024).


Sembari memperlihatkan alat produksi, Ihya juga mengungkapkan jika mahasiswa sekarang ini jauh lebih semangat ketika perkuliahan, disamping memperoleh materi mereka juga bisa langsung melaksanakan praktik. Melalui studio baru tersebut dirinya juga menekankan kepada mahasiswa agar bisa memanfaatkan peralatan lebih maksimal lagi.


"Ini ada mahasiswa dari kelas KPI-D angkatan 2021 yang sedang melakukan praktik mata kuliah produksi program siaran TV dan radio. Mereka terlihat sangat antusias untuk explore kelengkapan fasilitas di laboratorium," pungkas Ihya.

Gambar anggota kelompok 2 praktik produksi siaran radio

Praktik ini diikuti terdiri 3 kelompok dari kelas KPI-D 2021 terutama kelompok 2 yang beranggotakan Anggraini Maulani, Widiyanti Kumala Siwi, Irvan Ubaidillah, Muhammad Muhyidin, Ridho Agus Setiawan, Risma Febiola dan Vika Sulfa Mizatin merasa senang sekali karena praktek tersebut menjadi pengalaman pertama. Anggraini Maulani mengatakan “Seneng banget, karena bisa pertama kali nyobain kamera yg dibuat untuk televisi, dan juga stage yg biasanya digunakan oleh televisi besar”.


Dengan adanya studio baru ini KPI IAIN Kudus menjadi lebih upgrade karena studio baru tersebut memiliki fasilitas yang lengkap, “Menurutku bener-bener upgradenya banyak banget, dari yang sebelumnya kita sebagai anak KPI punya fasilitas yg cuma di kampus barat, yg bisa tergolong sangat kecil, karena include semuanya, tapi sekarang punya beberapa studio baru kaya mulai fotografi, podcast, dan juga studio TV”, pungkasnya.

No comments:

Post a Comment