Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

KOPMA IAIN Kudus Sukses Gelar Dikmenkop Se-Jawa Tengah dan DIY

 KOPMA IAIN Kudus Sukses Gelar Dikmenkop Se-Jawa Tengah dan DIY

 Wartajournalizm - Kudus 3 Juni 2024 - Koperasi Mahasiswa (KOPMA) IAIN Kudus sukses menggelar acara Pendidikan Menengah Koperasi (Dikmenkop) se-Jawa Tengah dan DIY. Acara yang berlangsung pada tanggal 1-2 Juni 2024 di Gedung PKM Kampus Barat IAIN Kudus ini mengusung tema "Optimalisasi Kinerja Koperasi yang Efektif Melalui Peningkatan Kapasitas Berbasis Pengembangan SDM".

Dikmenkop IAIN Kudus 2024 merupakan sebuah acara yang bermanfaat bagi para peserta untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang perkoperasian serta merupakan kelanjutan dari Diksarkop (Pendidikan Dasar Koperasi). 

"Dikmenkop ini merupakan pendidikan lanjutan dari Pendidikan Dasar Koperasi (Diksarkop) yang wajib diikuti oleh anggota Kopma," ujar Berliana selaku, Ketua Umum Kopma IAIN Kudus.

Dikmenkop IAIN Kudus bertujuan untuk meningkatkan kinerja koperasi sebagai organisasi perekonomian yang mandiri, kuat, tangguh, dan sehat. Dengan fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM), diharapkan koperasi mampu beroperasi dengan efisien, efektif, dan responsif terhadap perubahan.


Foto bersama pengurus KOPMA IAIN Kudus


Acara Dikmenkop IAIN Kudus 2024 diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain, Materi-materi tentang perkoperasian, seperti "Koperasi Modern", "Business Plan", "Motivation Training and Negotiation", dan "Manajemen SDA (Sumber Daya Anggota)",Diskusi dan proyek, Senam ,outbound, pentas seni, dan diakhiri penutupan

Jargon "Bersinergi, Bangun Koperasi" menjadi semangat dalam Dikmenkop IAIN Kudus. Jargon ini diharapkan dapat memotivasi para peserta untuk terus belajar dan berkarya dalam membangun koperasi yang maju dan sejahtera.


Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta dari berbagai Kopma di Jawa Tengah dan DIY. Acara ini menghadirkan empat pembicara dengan materi yang luar biasa, yaitu Fais dari Dinaskop UKM Kudus memaparkan tentang "Koperasi Modern", Kharis Fadlullah Hana, Dosen FEBI IAIN Kudus menyampaikan materi "Business Plan", Ryo Juara dengan materi "Motivation Training and Negotiation", ZaZa, pemilik Zaza Look Business dengan materi "Manajemen SDA (Sumber Daya Anggota)".

Dikmenkop IAIN Kudus 2024 merupakan sebuah acara yang bermanfaat bagi para peserta untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang perkoperasian. Kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan generasi baru yang mampu memajukan koperasi di Indonesia.

"Harapannya dengan mengikuti Dikmenkop ini, para peserta dapat menjadi generasi yang berwawasan luas dan berpengalaman dalam bidang perkoperasian. Sehingga mereka dapat berkontribusi dalam pengembangan koperasi di Indonesia," kata Berliana.

Dengan suksesnya Dikmenkop IAIN Kudus 2024 ini, diharapkan KOPMA di IAIN Kudus dan wilayah Jawa Tengah serta DIY dapat terus berkembang dan berkontribusi dalam membangun ekonomi yang berkelanjutan melalui koperasi yang efektif dan inovatif.




No comments:

Post a Comment