Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Esensial Etika dalam Bermedia Bersama MA NU Miftahul Ulum

Esensial Etika dalam Bermedia Bersama MA NU Miftahul Ulum

Warta Journalizm - Esensial ketika bermedia harus menggunakan yang namanya etika. Kalaupun dalam bermedia tidak menerapkan sebuah etika, lalu apa yang terjadi kedepannya untuk diri sendiri sebagai pelaku media? Ya, tentu yang terjadi adalah minimnya kesopanan terhadap pelaku lainnya, konflik yang berkepanjangan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, pentingnya memberikan edukasi mengenai etika dalam menggunakan media khususnya terhadap para pelajar saat ini yang kecanduan akan penggunaan media.

Nah, mahasiswi IAIN Kudus dari prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam semester 4, Ana Yunia Sari mengadakan kegiatan penyuluhan terkait ‘Bijaknya Beretika dalam Bermedia’. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 11 Mei 2024 yang diadakan di MA NU Miftahul Ulum, Loram Kulon, Kudus. Penyuluhan berlangsung diikuti oleh peserta dari kelas 10 dengan kehadiran 28 siswa.

Pada kegiatan penyuluhan yang dilakukan Sabtu pagi (11/05), para siswa sangat antusias dan semangatnya yang kian tinggi untuk mengikuti penyuluhan tersebut, padahal mereka belum sarapan, namun energinya begitu fresh. Pemateri, Ana Yunia menjelaskan mengenai berbagai materi dari pemaknaan media massa dan etikanya, UU yang berkaitan dengan media, seperti UU ITE, dan memberikan contoh kasus siapa saja tokoh yang terkena pelanggaran UU ITE. Kemudian di akhir sesi, pemateri terdapat tanya jawab yang ditujukan kepada empat siswa yang bernama Rasti, Firdha, Amelia Eka, dan Andi.

Pelaksanaan penyuluhan ini dilakukan untuk memenuhi salah satu tugas ulangan tengah semester yang bersifat individu pada mata kuliah hukum dan etika media massa yang diampu oleh ibu Primi Rohimi, S.Sos., M.S.I.. Dari kegiatan tersebut, siswa kelas 10 ternyata begitu aktif dan alhamdulillahnya dari agenda penyuluhan terdapat dua siswa (Rasti Dwi dan Amelia Nurul) yang dapat diajak podcast ke studio Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dengan pembahasan yang masih terkait dalam penyuluhan ini, yaitu “Gimana Enaknya Penyuluhan Hukum dan Etika Media Massa di Kalangan Generasi Alpha?”. Pada saat penyuluhan, Ana Yunia sebagai pemateri turut senang karena siswanya yang begitu aktif dan dapat menghargai adanya kehadiran pemateri.

No comments:

Post a Comment