Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

KKN MB IAIN Kudus Kelompok 142 Desa Tlogorejo Hadiri Pelaksanaan Rebo Wekasan di Makam Mbah Kyai Santri Joko Suro

KKN MB IAIN Kudus Kelompok 142 Desa Tlogorejo Hadiri Pelaksanaan Rebo Wekasan di Makam Mbah Kyai Santri Joko Suro

Warta Journalizm - Tlogorejo Selasa, 3 September 2024, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari IAIN Kudus menghadiri pelaksanaan tradisi ReboWekasan di Makam Mbah Kyai Santri Joko Suro, Desa Tlogorejo, Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan. Acara ini merupakan bagian dari upaya menjaga dan melestarikan tradisi lokal yang telah diwariskan turun-temurun oleh masyarakat setempat.

Rebo Wekasan adalah tradisi yang dilaksanakan pada hari Rebo terakhir pada bulan Safar, dengan keyakinan untuk memohon keselamatan dan perlindungan dari marabahaya. Hal ini menjadi keyakinan Masyarakat Jawa bila mana hari Reboterakhir pada Bulan Safar merupakan hari naas dari kepercayaan lama kaum Yahudi. Lalu, di Bulan Safar pada 1602, beredar kabar rencana penjajahan Belanda di Jawa. Masyarakat kemudian melaksanakan serangkaian ritual menolak kedatangan penjajah tersebut. Ritual tersebut berkembang menjadi tradisi ReboWekasan atau Rebo Wekasan. Selain itu, ReboWekasan berhubungan erat dengan penyebaran agama Islam di Indonesia. Abdul Hamid Quds berpendapat bahwa terdapat 32.000 bala yang diturunkan Allah ke bumi pada hari Rebo terakhir setiap tahun di Bulan Safar. 

Tradisi ini oleh masyarakat Desa Tlogorejo diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan seperti doa bersama, pembacaan tahlil, dan ziarah ke makam Mbah Kyai Santri Joko Suro, sebagai tokoh agama yang dihormati di Desa Tlogorejo. Kemudian acara ini diakhiri dengan makan bersama warga setempat, karena dalam tradisi itu biasanya bagi kaum ibu-ibu sudah mempersiapkan hidangan makanan yang di bawah dari rumah masing-masing yang dikemas di dunak, daun pisang, dan tak lupa dengan lauk yang beraneka macam. 

Mahasiswa KKN MB IAIN Kudus Kelompok 142 turut serta dalam kegiatan ini sebagai bentuk dukungan mereka terhadap pelestarian budaya lokal. 

"Kehadiran kami di sini adalah bentuk partisipasi untuk lebih mengenal tradisi yang ada di Desa Tlogorejo serta sebagai ajang silaturahmi antara mahasiswa dengan warga," ujar salah satu mahasiswa KKN MB IAIN Kudus Kelompok 142 .

Tradisi Rebo Wekasan di Desa Tlogorejo merupakan salah satu warisan budaya yang mengandung nilai-nilai keagamaan dan kebersamaan. Diharapkan, generasi muda dapat terus melestarikan tradisi ini sebagai bagian dari identitas budaya lokal.

Penulis : Saudah lutfiah

No comments:

Post a Comment