Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Lulur Tradisional Mahasiswa KKN MB IAIN Kudus 063 bersama Warga Desa Pranten

Lulur Tradisional Mahasiswa KKN MB IAIN Kudus 063 bersama Warga Desa Pranten

Warta Journalizm - Grobogan, 30 September 2024 Mahasiswa KKN IAIN KUDUS 063 Mengadakan Pemberdayaan dan Pelatihan Lulur, pembuatan Lulur dari Rempah di Balai Desa Pranten.

Acara ini dimulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB. Pembuatan Lulur dari Rempah alam ini dilaksanakan dalam bentuk perawatan dan pengobatan kulit alami melalui rempah-rempah alam. Adapun cara pengobatannya dilakukan dengan cara mengoleskan rempah alam ke kulit yang di ikuti warga Desa Pranten Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. 

Koordinator pembuatan lulur, Annisa menuturkan banyak sekali manfaat dari pembuatan lulur rempah alam bagi kesehatan kulit. Mulai dari mencerahkan hingga meredakan iritasi. 

"Lulur ini ada banyak manfaat dalam menjaga kesehatan kulit dan kebersihan kulit kita, seperti untuk memperkuat perlindungan kulit, mencerahkan kulit, melembabkan dan menghaluskan kulit, dan meredakan kulit yang iritasi," Tuturnya. 

Tak hanya warga lansia Pranten, anak remaja juga ikut berpartisipasi melaksanakan kegiatan Pembuatan Lulur yang di adakan Mahasiswa KKN 063 IAIN Kudus Desa Pranten. 

Warga sekaligus partisipan pembuatan lulur, Mahmudah mengatakan kegiatan edukasi yang dilakukan Mahasiswa KKN 063 IAIN Kudus ini memberikan kesadaran kepada warga akan pentingnya merawat kulit. 

"Dalam kegiatan Pembuatan Lulur ini dapat membuat kita lebih bisa merawat kesehatan kulit, dan lebih ekstra dalam perawatan kulit, terutama dalam menjaga pola hidup sehat yang lebih baik". Imbuhnya.

Mahasiswa KKN IAIN Kudus juga turut serta dalam kegiatan Terapi Sauna, dalam kegiatan Terapi Sauna ini terdapat 13 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri Kudus (IAIN Kudus). 

KORDES Praten, Devid berharap kegiatan pembuatan dan pemberdayaan lulur ini akan memberikan manfaat dan terus dilakukan oleh warga. 

"Semoga dengan adanya acara pembuatan dan Pemberdayaan lulur ini dapat menjadi bagian gaya hidup sehat masyarakat, terutama dalam menjaga kesehatan kulit kita sehari hari," Pungkasnya.

Mahasiswa KKN Kelompok 063 di bimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yakni bapak Moh. Anwar Yasfin, M. Pd. Muchammad Devid Irawan selaku Koordinator Desa (KORDES) asal Kudus mengatakan kami Mahasiswa KKN melaksanakan program kerja ini membantu masyarakat desa Pranten dalam bidang kesehatan, salah satunya yakni dalam kegiatan Pembuatan dan Pemberdayaan lulur.

No comments:

Post a Comment