Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Meningkatkan Kemampuan Literasi: Mahasiswa KKN MB 131 IAIN Kudus Adakan Gerakan Literasi Numerasi dan Baca Tulis di SDN 3 Kebonagung

Meningkatkan Kemampuan Literasi: Mahasiswa KKN MB 131 IAIN Kudus Adakan Gerakan Literasi Numerasi dan Baca Tulis di SDN 3 Kebonagung

Warta Journalizm - 20 September 2024, Kelompok Kuliah Kerja Nyata Moderasi Beragama (KKN MB) 131 IAIN Kudus mengadakan gerakan literasi numerasi dan baca tulis di SDN 3 Kebonagung, Tegowanu, Grobogan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik terutama pada bidang literasi numerasi dan baca tulis. 

Literasi numerasi mengajak peserta didik untuk mengaplikasikan konsep matematika yang telah mereka pelajari di sekolah dalam kehidupan sehari-hari. "Literasi numerasi saya perkenalkan kepada peserta didik sekolah dasar agar mereka mengetahui bahwa segala sesuatu yang ada di sekitar mereka selalu berhubungan dengan matematika, sehingga paradigma mereka terhadap matematika tidak hanya tentang angka dan rumus yang ada dalam buku saja, tetapi matematika juga ada di sekeliling mereka" Ungkap Fadillatul Muqoddaroh selaku pemateri literasi numerasi dalam acara tersebut.

Dalam kegiatan tersebut dia banyak memberikan contoh kepada peserta didik terkait dengan pengaplikasian matematika dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dia juga memberikan projek kepada peserta didik untuk membuat tabel berat badan dari peserta didik yang ada di kelas melalui wawancara. Selain itu, dia juga menampilkan suatu video pembelajaran yang mengaitkan tembakau sebagai potensi Desa Kebonagung dengan konsep perkalian dalam matematika. 

Sedangkan literasi baca tulis mengajak peserta didik untuk mengidentifikasi informasi yang mereka dapatkan melalui membaca. "Literasi baca tulis bukan hanya soal bisa membaca atau menulis saja, tetapi juga memahami isi dari apa yang mereka baca dan mampu menyampaikan ide atau cerita dengan jelas. Jika anak SD memiliki literasi yang kuat, mereka akan lebih siap untuk menghadapi tantangan belajar di tingkat yang lebih tinggi." Ungkap Sifana Arla Fissalma yang akrab disapa Lala sebagai pemateri Literasi Baca Tulis.

Pada kegiatan tersebut Lala menampilkan suatu tayangan video yang berisi sebuah cerita. Dari cerita tersebut dia mengajak peserta didik untuk menceritakan kembali dari cerita yang telah mereka lihat. 

Adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap peserta didik tentang pentingnya literasi numerasi dan baca tulis sehingga perilaku belajar mereka dapat berubah menjadi lebih baik. 

(Fadillatul Muqoddaroh)

No comments:

Post a Comment