Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

PEMBUKAAN KKN-MB IAIN KUDUS DI DESA KEDUNGWUNGU : WUJUD PENGABDIAN MAHASISWA TERHADAP MASYARAKAT

PEMBUKAAN KKN-MB IAIN KUDUS DI DESA KEDUNGWUNGU : WUJUD  PENGABDIAN MAHASISWA TERHADAP MASYARAKAT


Warta Journalizm - Tegowanu Grobogan- Kuliah Kerja Nyata Moderasi Beragama (KKN-MB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus kelompok 132 resmi dibuka pada tanggal 03 September 2024 ini. Kegiatan pembukaan dilaksanakan di Kantor Balai Desa Kedungwungu Kecamatan Tegowanu Kabupaten Kudus. Acara ini dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN-MB kelompok 132, seluruh perangkat Desa Kedungwungu, dan mahasiswa anggota KKN-MB 132 menambah keramaian dan semaraknya kegiatan pembukaan ini. 

Diawali dengan pembukaan secara formal, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia raya, acara pembukaan KKN-MB kelompok 132 dilanjut dengan kegiatan pengenalan program KKN-MB, perangkat desa, dan anggota KKN yang berlangsung secara non-formal. Kegiatan ramah tamah tersebut berlangsung gemuruh dengan dipenuhi antusias dari seluruh partisipan. Acara berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB. 

Kuliah Kerja Nyata ini merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa IAIN Kudus semester 7. Terdapat beberapa fokus program yang ditetapkan oleh IAIN Kudus dan dijalankan selama KKN tahun ini, yang diantaranya: 

  1. Pemberdayaan Potensi Desa.
  2. Penguatan Moderasi Beragama.
  3. Sosialisasi Pencegahan Bullying, Perundungan, dan Intoleransi di Kalangan Anak-Anak dan Remaja.
  4. Kolaborasi Bersama Pemerintah dalam Percepatan Penurunan Stunting.
  5. Pemberdayaan Difabel.
  6. Sosialisasi Pencegahan Pernikahan Dini.
  7. Kolaborasi Bersama Pemerintah dalam Penanganan Anak Putus/Tidak Sekolah.
  8. Inisiasi Desa Ramah Perempuan dan Anak.
  9. Pendampingan dan penyuluhan sesuai kompetensi keprodian, dan
  10. Dapat bersinergi dengan program yang ada di desa yang ditempati.

Mata kuliah KKN ini membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari berbagai program studi. Beberapa program studi tersebut diantaranya adalah Tadris Matematika, Akuntansi Syariah, Ekonomi Syariah, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Syariah, Aqidah dan Filsafat Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Tadris IPS, Komunikasi Penyiaran Islan (KPI), Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Manajemen Zakat dan Wakat. Nantinya mahasiswa dari beberapa program tersebut dapat menjalankan program kerja sesuai dengan jurusannya. 

Diharapkan dengan keragaman program studi tersebut mahasiswa dapat melakukan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan program studinya masing-masing yang bersifat sebagai upaya pemberdayaan desa. Harapan tersebut turut ditegaskan kembali oleh DPL KKN kelompok 132 yakni Ibu Riyan Andni, M.E.

“Di Desa Kedungwungu ini terdapat sebanyak 13 mahasiswa yang ditugaskan. Ketiga belas mahasiswa terdiri dari berbagai program studi yang berbeda-beda. Mereka akan menjalankan beberapa program sesuai dengan program studinya masing-masing sebagai bentuk impelementasi dari ilmu yang didapatkan selama di bangku perkuliahan. Program yang akan dijalankan mendukung upaya pemberdayaan yang ada di desa ini. Maka, mohon bimbingan dan arahan Bapak/Ibu untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan KKN ini selama 45 hari ke depan”, jelas Ibu Riyan Andni, M.E.

Niat baik tersebut disambut dengan baik, Pihak desa berharap dengan kedatangan KKN kelompok 132 IAIN Kudus ini dapat berkontribusi dalam berbagai kegiatan yang ada di desa. Lebih lanjut, Bapak Joko Suhardi selaku Sekretaris Desa Kedungwungu juga mengutarakan harapan agar KKN 132 IAIN Kudus dapat menuntun dan memberikan dampak yang positif bagi desa. 

Dengan demikian, pembukaan KKN di Desa Kedungwungu ini menandai awal dari pengabdian mahasiswa yang berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat setempat. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak yang terlibat.


No comments:

Post a Comment