Warta Journalizm

Warta Journalizm KPI IAIN Kudus

Post Page Advertisement [Top]

Workshop Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Kerajinan Gesek Godong di Desa Kandangrejo

Workshop Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Kerajinan Gesek Godong di Desa Kandangrejo

Warta Journalizm - 20 September 2024, Mahasiswa KKN 071 IAIN Kudus mengadakan workshop bertema Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Kerajinan Gesek Godong di Aula Balaidesa Kandangrejo. Kegiatan ini bekerja sama dengan Ibu PKK Desa Kandangrejo, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas Masyarakat dalam mengolah bahan alam menjadi produk kerajinan yang bernilai ekonomi. Workshop ini dihadiri oleh 21 peserta yang terdiri dari Mahasiswa KKN dan Ibu PKK.

Workshop dimulai dengan sambutan dari Ibu Ratna Widiastuti selaku Wakil Tp-PKK untuk membuka acara workshop pagi ini. Kemudian dilanjutkan oleh Saudari Mutiara Difsca Amanda Putri selaku mahasiswa KKN yang menjelaskan pentingnya kerajinan gesek godong dalam meningkatkan ekonomi. “Pengembangan ekonomi masyarakat merupakan proses yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat melalui berbagai inisiatif yang dapat menciptakan peluang kerja, meningkatkan pendapatan dan juga bisa memperbaiki kualitas hidup. Dalam kegiatan ini, kita akan fokus pada bagaimana kerajinan gesek godong dapat berkontribusi terhadap Pengembangan ekonomi masyarakat” Ujarnya. Kemudian dilanjutkan oleh Saudari Anna Bariroh Fashihah selaku mahasiswa KKN menjelaskan tentang Teknik pembuatan Kerajinan gesek godong. Para peserta diajak untuk langsung mempratikkan teknik gesek godong yang menggunakan daun kering sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan gesek godong.

Selama sesi praktikum, peserta workshop belajar cara membuat motif taplak meja dari daun kering yang diberi pewarna tekstil. Diharapkan keterampilan ini dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi Masyarakat. Kegiatan ini mendapat antusiasme tinggi dari peserta. Mereka berharap agar workshop serupa dapat diadakan secara berkala untuk terus meningkatkan kemampuan dan kreativitas Masyarakat. Dengan kegiatan ini, diharapkan Masyarakat dapat lebih mandiri secara ekonomi melalui pengembangan produk kerajinan yang unik dan berkualitas.

No comments:

Post a Comment